Empat Lawang Gelar Pilkades Secara Manual

Kadis DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochman Basuki. Foto: padri/Palpos.ID

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Pemilihan Kades (Pilkades) yang akan dilaksanakan nanti di akhir tahun atau bulan Desember 2019, di Bumi Saling Kruani Sangi Krawati, akan dilaksanakan secara manual.

Informasi yang didapat, desa-desa yang akan melakukan pemilihan Kepala Desa yakni Desa Cangguh, Kecamatan Talang Padang; Desa Air Mayan, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker); Desa Lubuk Cik, Desa Endalo, dan Desa Suka Rami, yang sama-sama masuk dalam kecamatan Lintang Kanan.

“Iya, kalau tidak ada halangan, bulan Desember mendatang kita jadwalkan akan menggelar Pilkades serentak gelombang ketiga di Empat Lawang,” kata Kepala Dinas DPMD3A, Agus Rohmat Basuki, melalui Kabid Pemdes, Agusman Mulyadi, Rabu (25/09/2019).

Masih dikatakan Agus, untuk mekanisme pemilihan sistem manual, alias pemilihan suara langsung dari masyarakat. “Sistem pemilihan langsung dari masyarakat yang memilih, dan langsung diumumkan, seperti halnya pemilihan BPD,” jelasnya.

Lanjut Agus, desa-desa yang akan mengikuti Pilkades gelombang ketiga tersebut merupakan desa-desa yang sudah habis masa jabatan Kades defenitifnya. Dan untuk saat ini dipimpin oleh pelaksana tugas (Pjs) Kades.

“Kalau untuk desa yang dipimpin Pjs karena Kades defenitifnya tersandung kasus, tetap pemilihan Kadesnya di tahun depan (2021). Untuk tahun ini, kita masih fokus menyelesaikan Pilkades serentak gelombang ketiga dahulu, yang sempat tertunda karena agenda nasional Pileg-Pilpres lalu,” tutupnya. (pad)