Lalui Medan Berjurang, Beri Layanan Kesehatan

Petugas Puskesmas Warkuk Ranau Selatan saat memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, Jumat (27/09/2019). Foto: kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Dinkes OKU Selatan melalui UPTD Puskesmas Kecamatan Warkuk Ranau Selatan (WRS), harus melalui medan berjurang ke pelosok desa guna memberikan Pelayanan Kesehatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Kecamatan WRS dan Bidan Desa (Bides) saat berkunjung ke ujung Desa Kecamatan WRS, yakni Desa Gunung Raya, dan Desa Remanam Jaya, Jumat (27/09/2019).

Kadinkes OKU Selatan, dr Meri Astuti, melalui Kepala Puskesmas WRS, Mardiyah SKM mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Desa Gunung Raya oleh Bidan Desa bersama Tim Kesehatan Puskesmas.

“Dalam rangka menyukseskan program pemerintah untuk melakukan Persalinan Normal di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, sehingga Bides serta Tim Puskesmas harus mendatangi desa-desa,” ujarnya.

Dikatakannya, pelayanan persalinan di Panyankes ini merupakan inovasi Puskesmas, yakni pasien yang akan melahirkan dijemput di rumah pasien, lalu dibawa ke Panyankes. Kedatangan tim kesehatan ke desa-desa, lanjut Mardiyah, juga memberikan banyak pelayanan kepada masyarakat, seperti Posyandu Lansia, Posyandu Balita, dan seterusnya.

“Kalau pelayanannya banyak, namun yang menjadi fokus yakni penjemputan pasien yang hendak melahirkan untuk dibawa ke Puskesmas,” terangnya.

Perjuangan bidan desa untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan, terutama dalam bidang pelayanan persalinan di Palayankes ucapnya, juga dilakukan untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak.

“Walaupun harus melewati jurang kiri kanan jalan, namun Bides maupun tim Puskesmas tetap semangat guna memberikan pelayanan ke masyarakat dan menurunkan angka kematian,” ungkapnya. (tian)