Non Tunai Mudahkan Emak-emak di Muba Dapat Beras

Sekda Muba Apriyadi saat melaunching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Muba 2019 di E-Waroeng Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu, Jumat (27/09/2019). Foto: romi/Palpos.ID

SEKAYU, PALPOS.ID – Pemkab Muba terus gencar mengimplementasikan program-program untuk mengentaskan kemiskinan. Selain pembangunan infrastruktur, Pemkab Muba pula terus memaksimalkan program yang pro ke masyarakat pra sejahtera berada di Bumi Serasan Sekate tersebut.

Misalnya, Jumat (27/09/2019), Pemkab Muba melalui Dinas Sosial Muba, resmi melaunching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Muba 2019 di E-Waroeng Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu. “Jadi, kalau selama ini harus antre untuk mendapatkan Raskin, nah mulai sekarang di Muba hanya tinggal menggesek kartu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kalangan emak-emak di Muba sudah bisa menikmati Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di E-Waroeng,” ungkap Sekda Muba, Drs H Apriyadi MSi.

Dikatakannya, Pemkab Muba mewajibkan kartu KPM tersebut untuk dihandle oleh kalangan ibu-ibu. “Ibarat Kementerian, emak-emak itu Kementerian Dalam Negeri. Jadi keuangan keluarga dapat dikelola secara benar dan tepat,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kadinsos Muba, Drs Ahmad Nasuhi mengungkapkan, tercatat ada sebanyak 36.894 penerima KPM di Muba dan setiap penerima KPM mendapatkan alokasi bantuan BPNT sebesar Rp110 ribu. “Nah, untuk yang sudah tervalidasi dan hari ini resmi menerima KPM ada sebanyak 18.014 warga pra sejahtera,” jelasnya.

Nasuhi menjelaskan, upaya BPNT ini selain lebih memudahkan proses penerima KPM, juga mengarahkan warga pra sejahtera di Muba untuk melek teknologi sesuai dengan keinginan Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin. “Semoga penerima KPM ini dapat memanfaatkan BPNT dengan tepat penggunaan dan meringankan kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (rom)