Dewan Ingatkan Kades Hati-Hati Kelola Dana Desa

Kantor DPRD Prabumulih. Foto net

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Anggota DPRD Prabumulih, Drs H Idham Tergun mengimbau seluruh Kepala Desa (Kades) se Kota Prabumulih untuk berhati-hati dan transparan kepada masyarakat dalam menggunakan dana desa (DD), yang merupakan dana dari pemerintah pusat.

“Kami ingatkan para pengguna anggaran desa yakni Kades dan perangkatnya, agar berhati-hati. Gunakan dana tersebut secara optimal, sesuai aturan dan untuk kepentingan peningkatan sarana umum,” ujar politisi dari Partai Hanura ini kepada wartawan, Minggu (29/09/2019).

Jika penggunaannya tidak sesuai aturan kata Idham, maka Kades berikut perangkatnya harus bersiap-siap berurusan dengan aparat penegak hukum. “Karena itu, jika tidak mengetahui aturan pengelolaannya, pihak desa sebaiknya meminta pendampingan kepada pemerintah agar tidak menjadi temuan,” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan kepala dinas di lingkungan pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih ini berharap agar pemerintah dapat terus meningkatkan pengetahuan aparatur desa terkait pengelolaan dana desa tersebut.

“Dinas terkait harus ikut mengawal penggunaan dana desa ini, agar dalam penggunaannya tidak terjadi penyimpangan karena ketidaktahuan aparat desa. Pemerintah juga harus memberikan pelatihan tentang penyusunan pelaporan, karena penggunaan yang baik namun salah dalam penyusunan laporan, juga bisa menjadi masalah,” cetusnya.

Senada diungkapkan Deliani SPd, anggota DPRD Prabumulih dari Partai Bulan Bintang. Menurut Deliani, agar tidak berurusan dengan hukum, Kades berikut perangkatnya harus selalu mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam pengelolaan dana desa tersebut.

“Sangat penting bagi Kades berikut perangkatnya untuk mengetahui tentang ketentuan dan peraturan pengelolaan dana desa. Jangan sampai, tujuannya baik namun salah menurut aturan dan peraturan,” pungkasnya. (wan)