Normalisasi Sungai Gasing Maksimalkan Tofografi

Proses pengerjaan normalisasi Sungai Gasing Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin terus berlangsung. Foto: ist/net

BANYUASIN, PALPOS.ID – Program pengendalian banjir di Sungai Gasing Kelurahan Sukajadi Kabupaten Banyuasin, dana kegiatannya bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019. Pengendalian banjir dilakukan dengan memaksimalkan tofografi, berupa penggalian Dasar Air Sungai (DAS) guna meningkatkan volume tampungan air.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), berharap mendapat dukungan dalam pelaksanaan program dari Pemerintah Kelurahan Sukajadi. Adapun rencana normalisasi Sungai Gasing, panjangnya 5000 meter dan kedalaman 3 meter.

Lurah Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa, Halimatori SAg mengatakan Sungai Gasing saat musim hujan kerap meluap. Pemerintah Kelurahan Sukajadi berinisiatif mengajukan proposal normalisasi kepada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DPSDA) Provinsi Sumatera Selatan. Hasilnya disetujui, dan kini pengerjaan normalisasi Sungai Gasing mulai berlangsung.

“Telah dilakukan satu minggu yang lalu, Pemerintahan Kelurahan Sukajadi berharap proyek normalisasi selesai tepat pada waktu. Mudah-mudahan usai normalisasi dapat mengatasi banjir yang sering terjadi saat musim hujan. Sungai Gasing dapat dimanfaatkan warga untuk keperluan mandi, mencuci dan keperluan lainnya,” ungkapnya, Minggu (29/09/2019).

Normalisasi sungai merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyediakan alur sungai dengan kapasitas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang kapasitasnya berlebih saat curah hujan tinggi. “Saya sangat senang dengan normalisasi Sungai Gasing, ini bisa dimanfaatkan untuk aktivitas mandi dan mencuci sehari-hari,” kata Dalman, warga Kelurahan Sukajadi. (mal)