Ratusan Guru di OKU Selatan Ikuti Pelatihan PKP

Pelatihan PKP Tahun 2019 yang diikuti oleh ratusan guru di Kabupaten OKU Selatan, Minggu (29/09/2019). Foto: kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi  pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih dikenal dengan Higher Order Thingking Skills (HOTS).

Untuk itu Dinas Pendidikan OKU Selatan Minggu (29/09/2019) mengadakan pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) yang dipusatkan di SMP N 2 Muaradua.

Dalam kegiatan yang diikuti 160 guru tersebut, Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan OKU Selatan, Edwarken SPd MSi yang membuka langsung kegiatan mengatakan, pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran ini diselenggarakan sesuai amanat UU nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan Dosen. Ini juga sejalan dengan Permen PAN dan RB no 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kredit.

“Peserta pelatihan ini adalah guru sasaran berdasarkan mata pelajaran yang tergabung pada 8 rombongan belajar dan terdiri 4 mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, sementara untuk mata pelajaran IPS, PKN dan Seni Budaya masih menunggu Juknis dari Dirjen GTK,” jelas Edwar.

Sementara itu salah satu peserta, Aminurahman ST mengaku pelatihan PKP Tahun 2019 tersebut, memberikan banyak pengetahuan yang bermanfaat bagi peningkatan kompetensi guru mata pelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah masing-masing. (tian)