Pelantikan Asisten I dan II Pemkab Banyuasin Didemo

Amunisi Banyuasin yang menggelar demo di depan kantor Bupati Banyuasin, Rabu (02/10). foto : ronie/hb

BANYUASIN, PALPOS.ID –  Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono meroling jabatan Asisten I dan II Pemkab Banyuasin di ruang kerjanya, Rabu (2/10) pagi.

Pelantikan tersebut diwarnai aksi demo Aliansi Masyarakat Untuk Institusi (Amunisi) Banyuasin. Seperti diketahui Asisten I dijabat Dr M Senen Har tukar posisi dengan Asisten II yang dijabat Ir Kosarudin MM. Sementara Dr M Senen Har saat ini merangkap jabatan Pj Sekda Banyuasin.

Amunisi Banyuasin memrotes pelantikan itu dituding bagian dari upaya untuk meloloskan syarat salah satu pejabat ASN yang dilantik untuk ikut lelang jabatan Sekda Banyuasin yang akan dilakukan beberapa waktu akan datang.

Berdasarkan Permendagri Nomor 5 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 2 huruf B menyatakan 4 syarat administratif yakni sekurang-kurangnya pernah menduduki 2 jabatan struktural eselon IIb yang berbeda.

“Oleh karena itu, kami minta Bupati batalkan pelantikan asisten tersebut,” ujar Ari Anggara, Korlap.

Selain itu, kata Ari, pejabat ASN yang dilantik rangkap jabatan karena Pj Sekda yang baru dilantik kini kembali dilantik menjadi Asisten II, seakan-akan tidak ada orang lain lagi yang menduduki jabatan itu.

“Bupati harus menyelesaikan rangkap jabatan ASN karena diatur dalam Undang-undang No 25 Tahun 2009 dijelaskan ASN tidak boleh merangkap jabatan,” tambah Efriadi Efendi Ketua Amunisi Banyuasin.

Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono mengatakan pelantikan Asisten I dan II berdasarkan Keputusan Bupati Banyuasin Nomor : 821/1900 6010/KPTS/BKPSDM/2019 tentang pengangkatan pejabat PTP di lingkungan Pemkab Banyuasin. (ron/hb)