Petahana Pecah Kongsi, Bakal Ada Kuda Hitam di Pilkada OKUT

Kantor KPU Kabupaten OKU Timur. Foto ardi/Palpos.ID

MARTAPURA, PALPOS.ID – Meski Pilkada serentak di Kabupaten OKU Timur akan berlangsung 2020 mendatang. Namun, suhu politik sudah mulai terasa menyengat.

Sejumlah nama bakal calon bupati mulai menjadi buah bibir masyarakat OKU Timur. Ada yang sudah tebar pesona di tengah masyarakat. Diprediksi, petahana akan pecah kongsi pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Keduanya akan membawa bendera sendiri-sendiri merebut kursi OKU Timur 1.

Indikasi itu dapat dilihat dari pernyataan Wakil Bupati OKU Timur, Fery Antoni SE yang siap maju pada pilkada mendatang. Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi secara tersirat kepada media online mengaku tidak akan maju pada pilkada nanti. Tapi, Bupati yang dikenal santun ini menyatakan hanya ingin melanjutkan program pembangunan yang telah digagasnya.

Namun menariknya di kabupaten lumbung beras Sumsel ini, diprediksi akan muncul kuda hitam yang akan mengudeta petahana dari kursi empuknya. Sebut saja nama  Ketua DPRD OKU Timur, Beni Defitson. Beni dipastikan akan kembali duduk di kursi Ketua DPRD OKU Timur.

Satu lagi muncul nama H Lanosin Hamzah ST. Siapa dia?  Tidak lain adalah adik kandung Gubernur Sumsel H Herman Deru. Sudah bukan rahasia umum, sosok Herman Deru sudah sangat membumi di OKU Timur. Dia pemimpin OKU Timur selama dua periode. Selain itu, Herman Deru pemegang rekor MURI suara terbanyak pada pilkada.

Pengaruh Herman Deru ini jelas merupakan modal besar bagi H Lanosin Hamzah dalam merebut kursi OKU Timur 1. Sementara, nama-nama lain yang mulai disebut masyarakat yakni, mantan Kades sekaligus pengusaha terkenal di OKU Timur, H Faisal Habibur SH. Ada juga nama mantan Ketua KPUD OKU Timur, Leo Budi Rachmadi dan pengusaha Oyong Damiri.  (ard)