Dahlia Terobos Api demi Selamatkan Uang Rp70 Juta

Dahlia saat diberi pertolongan pertama oleh masyarakat, Senin (07/10/2019). Foto Camat Air Saleh

BANYUASIN, PALPOS.ID – Teringat akan simpanan uang dalam lemari, Dahlia (63), warga Dusun II RT 02 RW 01 Desa Upang Kecamatan Air Saleh Kabupaten Banyuasin ini bergegas kembali ke dalam rumah. Tanpa pikir panjang, rumah yang dihuni bersama keluarganya  yang mulai dilahap api diterobosnya.

Sayang, meski uang Rp 70 juta telah di tangannya, harus terlepas dan ikut terbakar bersama seisi rumah. Sementara, Dahlia yang saat hendak membawa uang ke luar rumah mengalami luka bakar, lantaran tubuhnya tertimpa kayu rumah yang terjatuh dari atap rumah. Saat ini, Dahlia telah dirawat di RSMH Palembang untuk mengobati luka bakar yang dideritanya.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa kebakaran itu terjadi, Senin (07/10/2019), sekitar pukul 04.30 WIB, saat pemilik rumah, Tempur (67) yang masih terlelap tidur. Kebakaran itu diduga akibat arus pendek listrik di rumah korban.

Saksi mata, Yusan mengatakan jika api kali pertama  terlihat dari dalam rumah dan mulai membumbung tinggi, melahap rumah panggung milik korban. Tetangga yang mengetahui kejadian itu ikut membantu memadamkan api, dan berupaya menyelamatkan penghuni rumah.

“Waktu itu, baik pak Tempur maupun istrinya, serta anaknya sudah selamat dan keluar dari rumah. Nah, tiba-tiba Dahlia naik ke rumah dan menerobos api. Mau menyelamatkan uang simpanan di lemari. Sudah di tangan uangnya, tapi saat hendak keluar, tiba-tiba dia tertimpa reruntuhan rumah. Hingga uangnya terlepas. Api membakar tubuhnya, beruntung dia bisa diselamatkan,” kata Yusan.

Terpisah, Camat Air Saleh, Rayan Nurdinsyah SSTP, dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dijelaskan Rayan berdasarkan informasi dari warga bahwa Dahlia mencoba menerobos api saat berkobar di kediamannya untuk menyelamatkan uang.

“Ya benar rumah pak Tempur terbakar subuh kemarin. Istrinya bernama Dahlia harus dirujuk ke RSMH Palembang karena luka bakar di sekujur tubuhnya. Ibu Dahlia ini bersama suami dan anaknya sudah menyelamatkan diri, namun karena uangnya masih di dalam, dia kembali masuk ke rumah yang terbakar itu,” cerita Camat. (ron/hb/fin)