Lampu Jalan Ganti LED, Anggarkan Rp 4 Miliar

Lampu jalan di Kota Palembang nantinya akan diganti dengan lampu LED agar lebih hemat. Foto : koer/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemerintah Kota Palembang akan kembali mengganti lampu jalan dengan lampu LED di tahun 2020 mendatang. Namun, karena terbatasnya anggaran Pemkot hanya akan membeli 800 buah lampu LED.

Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum Dinas PERA KP Kota Palembang, Dedi Supriyanto mengatakan, untuk pembelian lampu LED tersebut dibutuhkan dana Rp 4 miliar.

“Dari total 46 ribu titik lampu jalan di Kota Palembang baru 6.700 titik yang diganti lampu LED.  Itu artinya sebanyak 39 ribu titik lampu jalan belum diganti dengan lampu LED. Target kami semua lampu jalan di Palembang bisa diganti dengan lampu LED. Namun, masih terkendala dana membuat kami hanya mampu mengganti 6700 titik saja sampai saat ini,” ujarnya Senin (07/10/2019).

Dedi menambahkan, tahun ini pihaknya juga sudah membeli  lampu LED sebanyak 1400 buah dengan anggaran sebesar Rp 7 miliar. “Nah lampu LED 1.400 buah ini akan kembali kami pasang di akhir tahun ini yaitu di jalan protokol dan jalan arteri,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini 90 persen lampu jalan protokol sudah terpasang lampu LED, sedangkan jalan yang belum terpasang lampu LED diantaranya Jalan Angkatan 66, dan Kamboja. “Tapi untuk lampu jalan di batas kota Palembang Kertapati, KM 12, arah Kenten Laut ke Noerdin Panji (Kebun Sayur)  dan Talang Putri sudah kami ganti semua dengan lampu LED,” katanya.

Sampai saat ini, Dinas Pera KP sudah mengeluarkan dana sebesar Rp 9 miliar untuk pembelian lampu jalan LED di tahun 2018 ini dengan menggunakan dana APBD. “Sisanya kami dibantu oleh pemerintah provinsi Sumsel, dan lampu LED ini bisa tahan sampai 15 tahun,” pungkasnya. (sef)