Tumbuhkan Minat Baca, Launching Perpustakaan Digital

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, H Ahmad Zulinto saat membaca salah satu buku di Perpustakaan Digital Milik SMP Negeri 9 Palembang, Senin (07/10/2019). Foto: umnah/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Di zaman yang serba digital, anak-anak disibukkan dengan gadget yang berakibat kurangnya komunikasi anak dengan orang lain serta mengurangi minat baca anak-anak pada buku. Padahal adalah jendela dunia.

Untuk itulah, sebagai upaya dalam mengembalikan minat baca siswa terhadap buku-buku bacaan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 melaunching Perpustakaan Digital. Acara  dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto, serta Kepala Bidang (Kabid) SMP Dsdik Kota Palembang, Herman Wijaya, beserta perwakilan wali murid.

Kepala SMP Negeri 9 Palembang Hj Lustia menjelaskan,  perpustakaan digital ini diharapkan mampu mengembalikan minat baca siswa.

“Semoga anak-anak ini termotivasi lagi untuk membaca buku. Jika selama ini mereka menggunakan gadget untuk bermain, mudah-mudahan inovasi ini mampu membuat peningkatan minat baca siswa,” katanya, Senin (07/10).

Ditambahkannya,  melalui tim IT, pihaknya telah menyediakan lebih dari 1.000 buku yang bisa dilihat siswa melalui smartphone dengan login akunnya masing-masing. Jadi, kapan pun dan dimana pun bisa mengakeses pinjam dari katalog yang telah disediakan

“Perpustakaan digital ini merupakan program satu-satunya yang ada di sekolah Kota Palembang (percontohan). Memang saat ini sekitar lebih dari 100 buku yang kita input karena tim IT kita kerjasama dengan MDP juga sedang menginputnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto mengatakan jika Dinas Pendidikan Kota Palembang menyambut baik inovasi perpustakaan digital di SMP Negeri 9 Palembang. Sehingga ia berharap SMP lainnya juga turut mengikuti inovasi ini.

“Karena ini sudah era revolusi Industri 4.0. Pendidikan harus terus mengikuti zaman. Dan perpustakaan digital ini merupakan inovasi yang baik untuk siswa kita,” katanya. (umn)