Lahan Tebu PTPN VII Cinta Manis Masih Terbakar

Api yang masih membakar lahan PTPN VII Cinta Manis Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (08/10/2019). Foto: din/Palpos.ID

INDRALAYA, PALPOS.ID – Dipenghujung musim kemarau Oktober 2019 ini ternyata masih terjadi kebakaran di perkebunan tebu Cinta Manis alias PTPN VII. Lahan milik PTPN VII Cinta Manis yang terbakar terletak tak jauh dari Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, sejak Minggu (06/10/2019) hingga Selasa (08/10/2019) sore.

Saat kejadian, banyak warga yang menyaksikan kobaran api yang lagi melalap lahan di saat usai salat maghrib. Salah satu warga Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya, Nur (44) mengatakan, seringnya terjadi kebakaran lahan milik Cinta Manis pada saat malam hari, belum diketahui sebabnya.

Namun peristiwa kebakaran tersebut terjadi dua kali hingga kemarin. “Pemandangan seperti ini berupa kebakaran lahan tebu pada malam hari sudah sering terjadi di kala usai maghrib,” katanya.

Sementara Kepala Desa Sejaro Sakti Ali Zahir kepada awak media membenarkan ada kebakaran lahan di kawasan lahan milik PTPN VII Cinta Manis yang sangat dekat dari Desa Sejaroh Sakti.

Lanjutnya, kebakaran lahan ini sudah biasa terjadi,apalagi saat usai tebang tebuh. Saat ini Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum lagi gencar-gencarnya menindak bagi pelaku yang sengaja mebakar lahan. “Rasa tidak masuk akal api bisa hidup sendiri tanpa ada yang membakarnya,” ungkapnya.

Sementara Ketua DPRD OI Suharto SH saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (08/10/2019) belum mau berkomentar, karena dirinya baru saja dilantik dan belum tau pasti kejadian kebakaran lahan tersebut, namun kedepan akan lakukan sidak terhadap PTPN VII Cinta Manis.

Sedangkan Asisten SDM Umum Cinta Manis Abdul Hamid saat di hubungi via selulernya, menepis kalau lahan tersebut sengaja dibakar. Tentu hal tersebut dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Sebab pihaknya sudah memberi arahan agar tidak melakukan pembakaran. (sul)