Pendaftaran Paslon Independen Dibuka Desember

Kelly Mariana, Ketua KPU Sumsel. Foto: ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Meskipun Pilkada serentak baru akan digelar tahun 2020, namun saat ini sudah masuk dalam tahapan. Bahkan, yang paling dekat, yakni bulan Desember 2019 ini, KPU Kabupaten/Kota yang mengelar Pilkada serentak sudah membuka pendaftaran penerimaan pasangan cabup/cawabup dari jalur independen atau perseorangan.

“Ya, mulai 01 Desember 2019 KPU kabupaten/kota sudah menerima pendaftaran dari jalur independen,” kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, Rabu (09/10/2019). Menurut Kelly, paslon dari jalur independen untuk dapat menjadi peserta paslon harus memenuhi syarat dukungan sebesar 10 persen dari jumlah pendukung.

“Kemudian dukungan tersebut diverifikasi oleh KPU setempat, jika tidak memenuhi syarat makan calon diminta untuk memperbaiki syarat dukungan dan seterusnya,” ujar Kelly. Sebelum memasuki Desember, KPU terlebih dahulu pada November ini sudah memasuki masa sosialisasi ke tengah masyarakat dengan sosialisasi makin banyak masyarakat yang tahu dengan agenda politik 5 tahunan tersebut.

“Dengan sosialisasi dalam rangka meningkatkan jumlah partisipasi pemilih, semakin banyak yang memilih semakin tinggi partisipasi publik terhadap calon yang dipilih,” ujarnya. Pada bulan ini KPU setempat melakukan bimbingan teknis dan penyusunan regulasi, sehingga persiapan pilkada makin matang.

“Sedangkan dari anggaran yang diusulkan tinggal OKU yang belum ditandatangani oleh pemkab setempat, untuk OI anggarannya Rp 50 miliar, PALI Rp 40 miliar, Mira tara Rp 28 miliar untuk yang lain lupa saya,” tambahnya. (opa)