Residivis Meresahkan Keok Dipelor

Adam Malik, mendapat perawatan akibat luka tembak di kedua kakinya, Rabu (09/10). Foto: denni/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID Sepak terjang Adam Malik (42), di dunia kejahatan jalanan berkahir setelah dua butir timah panas dari pistol anggota Jatanras Polda Sumsel bersarang di kedua kakinya.

Residivis yang sudah sangat meresahkan warga ini, terpaksa diberikan tindakan tegas lantaran kembali beraksi mencuri motor di Toko Tupper Ware, Jalan R Soekamto, Kecamatan Kemuning, Palembang.

Informasi dari kepolisian menyebut, berdasarkan rekaman kamera CCTV tersangka beraksi, Kamis (26/09) yang lalu, sekitar pukul 10.00 WIB. Adam beraksi bersama temannya Budi yang kini masih DPO. Adam bertugas mengawasi keadaan sepeda motor Honda Beat BG 3013 NU milik korban Yuli Marleni (46), warga Perum Griya Mutia, Kelurahan Sukawinatan, Kecamatan Sukarame Palembang. Sedangkan tersangka Budi, yang mengeksekusi motor tersebut.

Bermodal rekaman CCTV, polisi melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil meringkus tersangka Adam, saat mencuci piring di rumahnya di Desa Prajen, Kecamatan Mariana, Kabupaten Banyuasin, kemarin, sekitar pukul 10.00 WIB.

“Aksi pelaku ini terekam kamera pengintai atau CCTV. Baju, jaket dan motornya sama persis seperti yang dipakai tersangka,” ungkap Katim Opsnal Unit 1 Subdit 3 Jatanras Pold Sumsel, Aiptu Heri Kusuma Jaya alias Heri Gondrong.

Sementara, tersangka Adam mengaku, dia hanya diajak oleh tersangka Budi. “Aku cuma melok bae, Pak. Kunci T itu punyo Budi, dio jugo yang metik motor itu. Motornyo dijual Rp 1,5 juta. Aku cuma dikasihnyo Rp 500 ribu dan sudah abis kubelikan beras untuk anak bini aku,” ujarnya.

Residivis yang kesehariannya berdagang sayur ini, mengaku sudah kali keduanya ditangkap polisi. Pertama kasus bongkar rumah di kawasan Plaju, dan telah menjalani hukuman di Rutan Pangkalan Balai.

“Kalau soal Budi, aku dak tau Pak. Kareno aku jugo baru kenal, jadi dak tau dio larinyo kemano,” katanya. (den)