Kantin Sekolah Kotor, 73 Siswa Derita Hepatitis A

Petugas UPTD PKM Bandar Jaya Kabupaten Lahat memeriksa kantin sekolah, Jumat (11/10/2019). Foto arif/Palpos.ID

LAHAT, PALPOS.ID – Hasil pemeriksaan UPTD PKM Bandar Jaya, terhadap siswa siswa SMP dan SMK di Kota Lahat, cukup mengejutkan. Sebanyak 73 siswa positif derita hipatitis A. Kuat dugaan sumber hepatitis ini kurang bersihnya kantin sekolah.

“Bisa bertambah (penderita) siswa sekolah lain,” kata Kepala UPTD PKM Bandar Jaya, dr Hj Sumirawati, Jumat (11/10/2019). Sumira menjelaskan, terbanyak hasil kunjungan dan pemeriksaan, terdapat di SMK Negeri 1 Lahat, tercatat ada 40 siswa positif hepatitis A, disusul SMK Negeri 4 berjumlah 7 orang, SMK Tiara 3 orang dan SMPN 5 ada 23 siswa.

Kebersihan dari kantin sekolah, yang limbahnya dibiarkan tergenang. Dari sumber tersebut, lalat yang hinggap ke air tersebut, lalu disebarkan ke makanan dan minuman, kemudian siswa konsumsi. “Menular ke siswa lain, lewat kontak langsung atau dari makanan dan minuman terkontaminasi virus,” jelas Sumira.

Orang yang menderita hipatitis A ini memiliki ciri-ciri mata kuning, mual-mual disertai muntah common cold, batuk, pilek dan buang air kecil seperti warna teh. “Penting sekali itu jaga kebersihan,” pungkasnya. (ari)