Kopi Asli Kota Pagaralam H2 Go Internasional

Kopi robusta berlabel Hasit Halil (H2), hasil industri kecil menengah pengelolaan usaha kopi petani Kota Pagaralam, berhasil menembus go internasional, Jumat (11/10/2019). Foto efvhan/Palpos.ID

PAGARALAM, PALPOS.ID – Kopi robusta berlabel Hasit Halil (H2) hasil industri kecil menengah pengelolaan usaha kopi petani Kota Pagaralam berhasil merambah promosi pasar luar negeri. Mulai menembus go internasional.

Owner Label Hasit Halil, Dendi Dendek mengungkapkan, produk kemasan kopi berlabel Hasit Halil mulanya dipasarkan lokal. Seiring berjalannya waktu, konsumen mulai banyak tertarik karena rasa dan aromanya berbeda. Mereka menilai kopi bubuk ini berkualitas.

“Berawal dari promosi yang gencar di media sosial dan hubungan pertemanan, produk kami akhirnya dibawa sampai ke luar negeri, tepatnya ke Maldiv salahsatu negara terletak di barat daya India,” terangnya, Jumat (11/10/2019).

Berbicara kualitas Kopi Pagaralam lanjut Dendi tentunya tak kalah bersaing dengan produk unggulan dari daerah lain di nusantara, apalagi pasar luar negeri, jika dikelola dengan tepat dan benar mengutamakan kualitas.

“Nyatanya setelah kopi saya dibawa teman ke luar negeri, kemudian disajikan kepada sejumlah chef ternama tempat teman saya bekerja, mereka berkomentar sama, bahwasanya kopi Pagaralam rasanya sungguh luar biasa. Benar-benar kopi aromanya kuat juga rasanya,” terangnya seraya menambahkan, ada beberapa chef punya asam lambung merasa khawatir, namun ternyata setelah mencoba menyeruput kopi Pagaralam perut mereka aman, tidak merasa sakit seperti dia meminum kopi lainnya.

Dirinya, kata Dendy, optimis produk Kopi asal Pagaralam potensial mampu bersaing dengan produk kopi daerah lainnya. Terbukti setelah dipromosikan ke Maldiv, belum lama ini teman saya yang berada di luar negeri ikut memesan produk kopi Hasit Halil untuk dibawa ke Jerman. (faj