Program Pusat, Pemkab OKI tak Ingin Jadi Penonton

Gubernur Sumsel H Herman Deru beserta istri, serta Bupati OKI H Iskandar SE beserta istri saat peringatan HUT Kabupaten OKI ke-74 yang dimeriahkan dengan OKI Expo 2019, Jumat (11/10/2019). Foto: muin/Palpos.ID

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Kabupaten OKI menjadi salah satu penopang program strategis nasional, di antaranya jalur tol Trans Sumatera sepanjang 110 km dan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dengan potensi 150.000 hektare.

Banyaknya program pusat yang dikucurkan pemerintah di Kabupaten OKI diharapkan memberi multiplayer effect kepada daerah ini. Melihat peluang tersebut, Bupati OKI H Iskandar SE tidak ingin warganya hanya jadi penonton.

Pemkab OKI, menurut dia, turut menyertakan modal di Tol Trans Sumatera khususnya di seksi I  Kayuagung-Palembang. Penyertaan modal itu menurut Bupati OKI H Iskandar SE sebagai upaya Pemkab untuk turut bermain disektor bisnis tol.

“Setoran modal itu jadi upaya kita untuk turut andil bermain dalam pengembangan bisnis tol, khususnya melalui afiliasi,” kata  H Iskandar SE, Jumat (11/10/2019).

Modal yang diikutsertakan, tambah dia, berupa pembebasan lahan untuk kebutuhan tol. “Modal berupa pembebasan lahan itu untuk mempertahankan porsi kepemilikan kami,” katanya.

Saham tersebut, tambahnya, dikelola Perusahaan Daerah (PD) Bende Seguguk, BUMD milik Pemkab OKI. Menurut Iskandar, kepemilikan saham di Tol Palka akan terus diperkuat mengingat kontruksi Seksi I Kayuagung-Palembang sepanjang 33,5 kilometer akan segera beroperasi. (nur)