Petani Karet Kian Terpuruk, Pemerintah Gelar OPM

Wako Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dan Wawako H Andriansyah Fikri SH. Foto: ist/net

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Kian terpuruknya nasib petani karet di Kota Prabumulih lantaran anjloknya harga getah karet dalam beberapa tahun terakhir, mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dengan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) disejumlah Desa dan Kelurahan.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, guna membantu masyarakat pihaknya menggelar operasi pasar murah (OPM). Di OPM masyarakat dapat membeli sembilan bahan pokok (Sembako) dengan harga lebih murah dari pasar.

“OPM ini dalam rangka memeriahkan HUT Kota Prabumulih dan juga karena harga getah turun (anjlok), karena itu untuk mengantisipasi kita bantu dengan sembako murah,” ujar Ridho seraya berharap masyarakat ekonomi lemah dapat terbantu dengan OPM tersebut, Rabu (16/10/2019).

Dikatakannya, sembako yang dijual di OPM semuanya telah disubsidi sehingga harganya jauh lebih murah dari harga pasar maupun toko. “Lebih murah sekitar 50 sampai 60 persen dari harga pasar, perpaketnya ada yang dijual seharga Rp20 ribu,” kata suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu Ridho ini.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Ir H Pribadi Roso melalui Kabid Perdagangan Eviana MKes menuturkan, OPM pasar akan digelar di 37 desa dan kelurahan secara bertahap. “Nantinya seluruh desa dan kelurahan bakal ada OPM, pelaksanaannya sampai 6 November mendatang,” ungkapnya.

Masih kata Eviana, sembako yang dijual di OPM perpaketnya senilai Rp50 ribu tapi karena disubsidi pemerintah maka dijual kepada masyarakat tersebut menjadi Rp20 ribu per paketnya. “Setiap titik kita menjual 200 paket dan ini khusus bagi masyarakat tidak mampu,” tuturnya.

Dijelaskannya isi paket tersebut yakni, 2 kilogram beras, 1 kilogram tepung terigu dan 1 kilogram minyak goreng. “Untuk tahap awal ini kami menyiapkan sekitar 12 ribu paket sembako murah, nantinya hasilnya kita belikan lagi sembako dan akan kita jual lagi dengan harga murah,” pungkasnya. (wan)