Songket Motif Perahu Kajang Jadi Produk Unggulan

Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, mengukuhkan Hj Lindawati Iskandar sebagai Ketua Dekranasda sekaligus Bunda PAUD Kabupaten OKI, Rabu (16/10/2019). Foto: humas pemprov sumsel

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru yang juga Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Sumsel, secara resmi mengukuhkan Lindawati Iskandar, istri dari Bupati OKI, sebagai Ketua Dekranasda dan sekaligus sebagai Bunda PAUD Kabupaten OKI, di Pendopoan Kabupaten OKI, Rabu (16/10/2019) pagi.

Acara pengukuhan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Dalam sambutannya seusai melantik Lindawati Iskandar, Feby Deru meminta agar Dekranasda Kabupaten OKI yang baru untuk segera bekerja dan terjun langsung ke masyarakat.

“Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang bergerak untuk memajukan seni dan kerajinan daerah, dan diharapkan Dekranasda dapat bekerja dan meningkatkan mutu kerajinan yang dihasilkan. Kami sarankan agar Dekranasda Kabupaten OKI untuk aktif mengikuti berbagai even pameran, agar produk kerajinan Kabupaten OKI dikenal lebih luas,” jelas mantan Ketua Dekranasda OKU Timur dua periode itu.

Dirinya menilai produk kerajinan Kabupaten OKI yang telah menjadi ciri khas yaitu kain songket motif perahu kajang dapat dijadikan sebagai produk unggulan, dengan tetap mengembangkan motif lainnya sebagai kain songket.

Sementara Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD Kabupaten OKI masa bakti 2019-2024, Lindawati Iskandar mengatakan anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Dengan memberikan stimulus dan asupan gizi yang baik maka anak-anak dapat mencapai usia emas yang berkualitas. “Kepada Bunda Paud Kecamatan, profesi sebagai Bunda Paud adalah profesi yang mulia untuk pengembangan pendidikan,” katanya.

Usai melaksanakan pelantikan, Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru didampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, bersama Ketua Dekranasda Kabupaten OKI meninjau stand pameran kerajinan Dekranasda Kabupaten OKI yang menampilkan berbagai macam kain songket mulai dari motif perahu kajang dan motif lainnya, serta anyaman purun yang telah dikreasikan menjadi rompi dan celana, serta aneka kerajinan lainnya. (nov/bar)