Larikan Motor Korban, Begal Nyaris Tewas Dimassa

Tersangka Begal Abastian yang nyaris tewas dimassa, diamankan di Mapolsek Kayuagung, Jumat (18/10/2019). Foto: muin/Palpos.ID

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Seorang tersangka begal terkena batunya. Sang begal menjadi bulan-bulanan warga Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten OKI, kemarin. Beruntung sang begal yang nyaris tewas dimassa tersebut cepat diamankan anggota Polsek Kayuagung, hingga nyawanya dapat diselamatkan.

Adalah Abastian (35), warga asal Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI yang tinggal di Kecamatan Kertapati Kota Palembang, sang begal tersebut. Tersangka dimassa warga setelah melakukan pembegalan terhadap tukang ojek di Desa Lubuk Rukam Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jumat (18/10/2019) siang.

Informasinya, sebelum kejadian tersangka datang dari Palembang dengan menumpang travel lalu turun di depan Kantor Bupati OKI di Jalan Lintas Timur Kayuagung, Jumat (18/10/2019), sekitar pukul 12.30 WIB.

Kemudian pelaku menghampiri salah seorang tukang ojek diketahui bernama Ibrahim (60), warga Desa Lubuk Rukam. Kemudian, pelaku minta diantar ke arah wilayah Kandis yang merupakan wilayah perbatasan Kabupaten OKI dan OI.

Setelah pelaku naik ojek korban, kemudian motor melaju menuju lokasi. Namun setelah keluar dari Jalintim dan menuju ke Desa Kandis, di tengah perjalanan dengan kondisi jalanan sepi tiba-tiba pelaku langsung mengalungkan pisau di leher korban dan meminta korban segera menghentikan laju kendaraannya.

Setelah kendaraan berhenti, pelaku mengambil rantai yang ada di motor korban yang sengaja dibawa untuk jaga diri, rantai tersebut lalu dipukulkan pelaku ke kepala korban hingga jatuh dengan luka di bagian kepala.

Selanjutnya, pelaku membawa kabur motor korban dan hendak keluar dari Desa Kandis dengan melintasi wilayah Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung. Sedangkan korban yang saat itu masih sadar langsung berteriak meminta pertolongan warga setempat yang sedang melintas, kemudian membawa korban ke Puskemas Lubuk Rukam, sementara warga lainnya melakukan pengejaran. Akhirnya, tersangka sempat dimassa warga, sebelum akhirnya diamankan polisi. (nur)