Bakar Lahan, Dua Warga Dipenjara

Kedua tersangka dan barang bukti saat diamankan di Polres Banyuasin. Foto: istimewa

BANYUASIN, PALPOS.ID – Polres Banyuasin kembali mengungkap kasus pembakaran lahan yang dilakukan warga saat akan membuka lahannya. Terduga pelakunya, Ahmadi (33) dan Oto Warsito (32), keduanya warga  Desa Tirto Sari Kecamatan Banyuasin I.

Kejadiannya, Minggu (20/10), sekitar pukul 11.00 WIB di lahan milik Ni Jalan Desa Duren Ijo, Kecamatan Banyuasin I. Pembakaran lahan yang dilakukan oleh pelaku di lahan persawahan yang telah disewanya dari Ni. Pelaku membakar lahan untuk menggarap lahan baru tersebut yang rencana akan ditanami padi, cara membakar pelaku dengan menggunakan korek api gas.

“Mendengar ada informasi dari warga, penyidik Polsek Mariana beserta anggota mendatangi lokasi tersebut dan melakukan penangkapan terhadap pelaku. Pelaku dibawa ke polsek untuk dilakukan pemeriksaan,” ujar Kapolres Banyuasin, AKBP Danny Sianipar.

Adapun barang bukti yang diamankan satu kantong sisa pembakaran dan dua korek gas.
Pihaknya akan berkoordinasi dan meminta keterangan Ahli Kebakaran Puslabfor Cabang Palembang guna melakukan olah TKP ulang dan pemeriksaan barang bukti, koordinasi dengan ahli kerusakan lingkungan dan melengkapi mindik.

“Selanjutnya Koordinasi dan kirim berkas perkara ke JPU,” terang dia. (ron/hb/fin)