Pasar BIM 2 Kecamatan Sungai Menang Terbakar

Api berkobar di Pasar Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI, Jumat (25/10/2019). Foto: ist/net

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Api berkobar hebat di Pasar Bravo Infra Modul (BIM) 2 Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI, Senin (25/10/2019) pagi. Sedikitnya tiga toko ludes dilalap si jago merah.

Kendati tidak memakan korban jiwa, namun kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.25 WIB, itu mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIB, berkat bantuan mesin pompa Alkon desa dan dibantu oleh masyarakat setempat.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten OKI, Aleksander Bustomi, melalui Kabid Damkar, Syawal Harahap, membenarkan adanya kebakaran tersebut. Menurutnya, ada tiga toko yang hangus akibat peristiwa kebakaran itu.

“Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Walaupun demikian, tiga toko masing-masing milik Cavah, Muji, dan Anton Silahudin, dinyatakan hangus terbakar,” terangnya.

Amukan api yang menghanguskan sejumlah toko semi permanen itu berhasil dijinakkan setelah tiga jam lebih warga berjibaku dengan api yang menjalar cepat, lantaran ketiga toko tersebut menjual BBM eceran. Selain itu, surutnya debit air kanal cukup menyulitkan dalam upaya pemadaman api tersebut.

Kobaran api yang belum diketahui asalnya ini juga melahap toko mesin diesel dan gudang pakaian milik Anton Silahudin. Akibat hangusnya bangunan semi permanen dengan luas 12×20 meter tersebut, kerugian ditaksir Rp700 juta. “Terkait penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan. Personel Tim Damkar dalam waktu dekat ini akan segera diturunkan ke lokasi kebakaran,” tandasnya. (nur)