29 Oktober, Penetapan Seluruh Balon Kades OKU Selatan

Juproni SPd I MSi, Kepala Dinas PMPD OKU Selatan. Foto: kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Setelah melalui proses perlengkapan berkas, Pemkab OKU Selatan pada 29 Oktober 2019 mendatang, bakal menetapkan seluruh Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yang akan ikut Pilkades serentak di 97 Desa yang tersebar dalam berbagai kecamatan di wilayah kabupaten OKU Selatan.

Penetapan Balon Kades serentak ini sendiri akan ditetapkan oleh Pemkab OKU Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten OKU Selatan beserta Panitia Kabupaten.

Dengan begitu para Bakal Calon Kepala Desa yang dinyatakan lulus pemberkasan tersebut secara sah dan berhak untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan pada November 2019 mendatang.

Kepala Dinas PMPD OKU Selatan Juproni SPd I MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa, M Iqbal Surya S Kom mengatakan bahwa sejauh ini proses tahapan pelaksanaan Pilkades masih dalam seleksi pemberkasan di tingkat panitia desa.

“Ada sebagian yang sudah dinyatakan lengkap emberkasan, ada juga yang belum dinyatakan lengkap, Jadi saat ini masih dalam proses pemberkasan di tingkat panitia desa,” ujarnya, Minggu (27/10/2019).

Dikatakannya, tanggal 29 Oktober 2019 ini menjadi batas Pemkab untuk menetapkaan Bakal Calon (Balon) Kades yang dinyatakan lulus seleksi pemberkasan dan dinyatakan sah untuk mengikuti tahapan selanjutnya hingga pemilihan.

“Tanggal 29 ini waktu terakhir Pemkab menetapkan seluruh Balon Kades, di berbagai kecamatan, kalau sudah lewat dari Tanggal 29 maka sudah tidak di terima lagi berkasnya,” tegasnya. (tian)