Hujan, Kota Palembang Kembali Tergenang

Salah seorang anak sekolah terpaksa melepas sepatunya karena jalanan banjir, Selasa (29/10/2019). Foto: koer/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Setelah sekitar enam bulan tidak diguyur hujan deras, Senin (28/10/2019) malam hingga Selasa (29/10/2019) dini hari, Kota Palembang diguyur hujan deras. Hujan deras ini disambut gembira oleh warga Palembang, karena sudah beberapa bulan Palembang dilanda kabut asap.

Namun, pasca hujan deras, sejumlah lokasi tergenang banjir. Seperti di Simpang Parameswara, Jl Demang Lebar Daun, Jl Pipa Reja dll, di Simpang Lima DPRD Sumsel.

“Memang kabut asap hilang, tapi sekarang muncul masalah baru, ada genangan. Tapi, Pemkot Palembang melalui Dinas PU-PR sudah berusaha untuk bersiap-siap mengantisipasinya,” kata Wawako Palembang, Fitrianti Agustinda.

Selain itu, lanjut Fitri, pompa Bendung saat ini sudah hampir rampung. “Tinggal menunggu operasionalnya saja. Kalau sudah berjalan, Insya Allah bisa membantu mengatasi genangan-genangan ini,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang, Ir Akhmad Bastari mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan persiapan dengan memasang box culvert di sejumlah titik.

“Saat ini Dinas PU-PR Kota Palembang sedang melaksanakan pemasangan Box Culvert, U-Ditch beton pracetak di ruas jalan dalam kota. Seperti di Jalan Ryacudu, Jl Tengkuruk, Jl Masjid Lama, Jl Letkol Iskandar, Jl Lapangan Hatta dan Jl Veteran,” jelas Bastari. Menurut Bastari, dengan dipasangnya box culvert ini diharapkan dapat mengurangi genangan air di ruas-ruas jalan tersebut. (sef)