Drainase Tertimbun, Empat Rumah Terendam Banjir

Banjir yang melanda puluhan rumah di Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, Selasa (29/10/2019). Foto: prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Kota Prabumulih Senin malam (28/10/2019), mengakibatkan puluhan rumah di Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur dan Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat, terendam banjir.

Namun dari puluhan rumah yang terendam banjir itu, yang paling parah terjadi di RT 01 RW 02 Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat. Dimana genangan air mencapai paha orang dewasa atau sekitar 1 meter.

Informasi dilapangan menyebutkan, banjir tersebut terjadi lantaran saluran air dikawasan tersebut tertimbun tanah karena pengerjaan proyek double track (jalur ganda) PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Marnawan Ketua RT 01 RW 02 membenarkan, banjir tersebut diduga akibat drainase yang tertimbun tanah proyek doble track tersebut. “Ada empat rumah yang dihuni enam kepala keluarga yang terendam banjir yakni rumah Imron, Musjai, Edwin dan Arihan,” kata Marnawan sembari mengatakan pihaknya telah bermusyawarah dengan pihak PT KAI, Selasa (29/10/2019).

“PT KAI akan bertanggungjawab, sudah ada pernyataan secara tertulis dan kami juga sudah sepakat. Seluruh elektronik dan perabotan yang rusak akan diganti mereka,” ucap Marnawan semari menuturkan baru kali itu terjadi banjir dikawasan tersebut.

Kabar mengenai banjir itu mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Kota Prabumulih. Dipimpin langsung Wakil Ketua II, Ir Dipe Anom, wakil rakyat tersebut langsung meninjau lokasi banjir. Dilokasi banjir wakil rakyat tersebut langsung meminta kepada pihak PT KAI agar segera menyedot air yang merendam rumah warga.

Terpisah, Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya ketika dikonfirmasi terkait banjir yang disebabkan proyek PT KAI tersebut menegaskan, akan memberikan teguran kepada pihak PT KAI. “Akan kita tegur dan kita panggil,” jawabnya singkat seraya menuturkan segera menurunkan dinas sosial untuk memberikan bantuan kepada korban banjir.

Sedangkan, Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, telah melakukan upaya penanggulangan dampak banjir bagi 6 KK dan warga sekitar pembangunan double track Prabumulih – X6. (wan)