Dinas Pendidikan Sumsel Buka Beasiswa ke Tiongkok

Widodo, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. Foto: ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Setelah sukses mengirimkan beberapa siswa ke luar negeri melalui program pertukaran pelajar ke Eropa dan beberapa beasiswa pendidikan ke luar negeri, kini Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel memberikan peluang bagi lulusan SMA/SMK di Sumsel untuk meraih beasiswa ke Tiongkok, Cina.

Saat ini Dinas Pendidikan Sumsel sedang membangun komunikasi untuk kerjasama ini. Agar program ini terealisasi Disdik Sumsel tengah menjajaki Program Beasiswa Pendidikan ke Tiongkok Cina tersebut. “Kita sedang menjajaki program beasiswa dan program pendidikan di Tiongkok, Cina,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo, Rabu (30/10/2019).

Widodo berujar, bahwa tak bisa dipungkiri bahwa banyak investor Cina yang masuk ke Indonesia. Peluang ini lah yang akan diambil agar jangan sampai nanti juga diisi oleh tenaga-tenaga luar dari SDM-nya.

Menurutnya, ekspansi bisnis ekonomi Cina yang jor-joran investasi ke Indonesia harus diimbangi dengan kualitas SDM Indonesia yang juga siap ditopang. Sehingga semua investor dan tenaga dari luar negeri. “Ada beberapa format, ada yang beasiswa ada yang pendidikan. Kita sedang jajaki. Tapi yang jelas setelah kita kaji biayanya murah tapi tidak murahan,” terang Widodo.

Dikatakannya, bahwa Harvard University di Amerika Serikat memanglah bagus seperti yang telah dilakukan. Begitu juga kerjasama pendidikan Jepang dan Eropa. “Tapi kita juga melakukan penjajakan ke Cina, karena kita lihat sendiri bahwa pasar ekonomi hampir menguasai dunia termasuk ke Indonesia. Dan anak-anak kita harus melihat itu sebagai sebuah peluang nantinya agar mereka kelak tidak tertinggal dengan siswa di Negara lain,” tutupnya. (umn)