Puskesmas Berlakukan Kartu Kontrol Sikat Gigi

Ketua tim drg Angga Rumio Pratama, MH Kes mendatangi SDN 1 Muaradua Kisam untuk mengedukasi kesehatan gigi siswa, Kamis (31/10/2019). Foto kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Tim Edukasi dari UPTD Puskesmas Rawat Inap Muaradua Kisam mendatangi SDN 1 Muaradua Kisam untuk mengedukasi kesehatan gigi siswa-siswi SDN 1 Muaradua Kisam Kecamatan Muaradua Kisam.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak sekolah SDN 1 Muaraduakisam. Juga orang tua siswa yang begitu antusias mengikuti kegiatan edukasi kesehatan gigi yang dilaksanakan oleh tim edukasi dari UPTD Puskesmas.

Ketua Tim Edukasi drg Angga Rumio Pratama, MH Kes berkata bahwa kegiatan ini baru pertama kali diadakan. Untuk menunjang kegiatan Aktualisasi Latsar (pelatihan dasar) CPNS Golongan III Kabupten OKU Selatan tahun 2019.

“Ini sebuah kegiatan inovatif dimana prilaku siswa diubah dengan mengajak orang tua siswa melalui kartu kontrol sikat Gigi. Nantinya akan dipilih Duta sikat gigi setelah menilai kartu kontrol sikat gigi. Duta sikat gigi berperan untuk pemberi edukasi kepada siswa yang lain,” paparnya.

Sementara itu Kepala SDN 1 Muaraduakisam Tusnita Pandhora SPd mengaku sangat mendukung adanya kegiatan edukasi kesehatan gigi tersebut. “Kegiatan ini dihadiri 3 dokter, 3 bidan dan 1 perawat. Kita berharap akan tetap ada kegiatan seperti ini dimasa mendatang,” harapnya.

Terpisah, salah satu orang tua siswa, Peni juga mengaku sangat mendukung adanya kegiatan penyuluhan kesehatan gigi bagi siswa-siswi di sekolah SDN 1 yang ada di desanya tersebut. “Sebagai orang tua kami tentu mendukung, mengingat kegiatan ini dapat memberikan informasi tentang kesehatan gigi dan mengajak para orang tua untuk mengawasi perilaku anaknya di rumah. (tian)