33 Cakades Incumbent di Kabupaten Lahat Tumbang

Sekda Kabupaten Lahat saat meninjau pelaksanaan pilkades disalah satu wilayah di Lahat, Kamis (31/10/2019). Foto: ist/net

LAHAT, PALPOS.ID – Dari 54 cakades incumbent peserta pilkades serentak, Kamis (31/10), 33 orang diantaranya harus menelan pil pahit, berupa kekalahan. Sementara calon kades incumbent yang bisa meneruskan pengabdiannya untuk enam tahun kedepan, atau priode 2019-2025 hanya 21 calon kades.

Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat, Drs Beni Zainuddin Msi melalui, Kabid Tata Wilayah dan ADM Pemdes, Imam Santosa SSTP MSi mengatakan, dari 79 desa menggelar pilkades, semua sudah menyampaikan laporan.

Bahkan, hasil seluruh pilkades telah diumumkan di papan informasi DPMD. “Alhamdulillah, pilkades di 79 desa yang tersebar di Kabupaten Lahat telah terlaksana dan berlangsung kondusif. Bahkan hasil rekap suara dari setiap desa sudah masuk semua,” jelasnya.

Disinggung soal jadual pelantikan, Beni menuturkan 79 kades terpilih akan dilantik Desember mendatang. Sedangkan pelaksanaan pilkades, berjalan dengan aman dan kondusif. Meski sempat beberapa desa yang menggelar pilkades dikhawatirkan terjadi personal. “Dijadwalkan pelantikan di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat,” tutupnya.

Beni mengucapkan selamat kepada para kades yang terpilih. Dia berharap, kades-kades yang telah terpilih ini bisa mengemban amanah dengan baik, dan bisa membawa desanya masing-masing menjadi lebih baik lagi. (ari)