Berharap Publikasi Data BI Jadi Masukan Perumusan Kebijakan Ekonomi Daerah

Kepala Perwakilan BI Sumsel, Yunita Resmi Sari saat membuka kegiatan Temu Responden dan Seminar Nasional 2019 di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (31/10/2019). Foto: Ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumsel berharap publikasi data dari survei yang dilakukan dapat menjadi masukan bagi perumusan kebijakan ekonomi daerah di Sumsel.

“Besar harapan kami, publikasi tersebut dapat menjadi masukan pula bagi pelaku usaha dalam melakukan proyeksi bagi usahanya ke depan,” kata Kepala Perwakilan BI Sumsel, Yunita Resmi Sari pada kegiatan Temu Responden 2019 di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (31/10/2019).

Data publikasi yang didapat tersebut berasal dari survei yang melibatkan responden 450 orang peserta yang terdiri dari responden dan surveyor berbagai survei dan liaison yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel.

Beberapa survei yang rutin dilakukan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel, di antaranya  Survei Kegiatan Dunia Usaha; Survei Harga Properti Residensial; Survei Perkembangan Properti Komersial; Survei Konsumen; Survei Penjualan Eceran; Survei Pemantauan Harga; dan Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis.

Bank Sentral pun telah menominasikan lima responden terbaik dalam 5 kategori survei. Adapun pemenang akan diumumkan dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia yang awal Desember 2019.

Dia menambahkan, data hasil survei konsumen yang dilakukan secara bulanan, digunakan BI dalam melakukan proyeksi atas ekspektasi inflasi dan kondisi usaha enam bulan ke depan. “Tujuannya yaitu untuk terus menjaga dan mendorong pertumbuhan ekonomi kita berada di jalur yang positif,” jelas dia. (nov/har)