Nyanyian Riki Seret Tersangka Rian ke Penjara

Tersangka Rian dan barang bukti motor korban yang disita polisi, Minggu (03/11/2019). Foto: mizon/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Tak ingin sendirian mendekam di sel tahanan Polresta Palembang. Riki Firgiawan, yang diringkus pertengahan Januari 2019 atas tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor), “bernyanyi” dengan menyeret rekannya, Rian Trinanda (23), warga Jalan Tegal Binangun Lorong Talang Pete Kecamatan Plaju Palembang.

Rian yang sempat buron diringkus di rumahnya oleh anggota Unit Pidum Satreskrim Polresta Palembang yang dipimpin Kasubnit Pidum, Ipda Andrian, Jumat (01/11/2019), sekitar pukul 04.15 WIB.

Kasatreskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara, melalui Kanit Pidum Iptu Ginting, membenarkan pihaknya menangkap rekan pelaku Riki di rumahnya.

“Pelaku Rian ini sempat DPO, tapi berkat informasi yang kita dapatkan dari pelaku Riki, akhirnya berhasil menangkap pelaku Rian di rumahnya,” ujarnya, Minggu (03/11/2019).

Keduanya diringkus lantaran terlibat tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) milik korban M Reza Arisandie (20), warga Jalan A yani, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, 18 Januari 2019 lalu, sekitar Pukul 04.15 WIB.

Kala itu korban bangun dan melihat kedepan kamar kosan tempat korban memarkirkan sepeda motor di kosan saksi M Alpian Firdaus (21), di Jalan Kol H Barlian Lorong Kebon Kelurahan Karya baru Kecamatan Sukarami Palembang, sudah tidak ada lagi.

Sehingga korban mengalami kerugian satu unit motor jenis Honda Beat warna hitam tahun 2014 nopol BG 6489 AAM, berikut dengan satu ponsel merek Vivo Y35 warna putih dan satu unit ponsel merk  Xiaomi pocophone warna hitam. Dengan kerugian ditaksir Rp 22 juta dan selanjutnya korban melapor ke Polresta.

Sementara itu, pelaku Rian mengakui perbuatannya telah melakukan aksi curanmor bersama temannya Riki. “Ya, saya sama Riki yang mencuri motor korban. Motornya sudah kami jual dan uangnya habis untuk jajan sehari-hari,” katanya. (zon)