Pemkab OKUS Diminta Serius Kelola Curup Datar

Wisata Curup Datar yang terletak di Desa Pendagang Kecamatan Muaradua, Minggu (03/11/2019). Foto: Kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Keberadaan air terjun Curup Datar yang berlokasi di Desa Pendagang Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan (OKUS), menjadi satu-satunya objek wisata bernuansa alam yang berada di tengah Kota Muaradua. Namun pengelolaan terhadap objek wisata ini belum optimal.

Untuk itulah warga Desa Pendagan seperti disampaikan tokoh masyarakat setempat Jailani mengharapkan keseriusan Pemkab OKU Selatan. Terutama dalam mengelola objek wisata dan menjadikannya sebagai salah satu wisata andalan kabupaten.

“Terkait pengelolaan Curup Datar, Pemkab jangan hanya sebatas mendata potensi. Tetapi benar-benar dikelola dengan baik sebagai objek wisata andalan bagi warga masyarakat secara luas,” harap Jailani, Minggu (03/11/2019).

Menurut tokoh masyarakat Desa Pendagan ini pengelolaan objek wisata curup yang bernama asli Curup Lungkuk tersebut, sudah sangat mendesak. Terutama akses yang bisa ditempuh langsung dari Desa Pendagan menuju lokasi objek wisata. Terlebih hampir setiap akhir pekan terutama Sabtu dan Minggu, sudah banyak wisatawan yang datang silih berganti menikmati Curup Datar.

Sementara itu terkait hal ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) OKU Selatan Darmawan SE MSi mengaku Pemkab dalam hal ini Disparbud sangat mensuport adanya keinginan masyarakat tersebut.

Pihaknya juga sangat serius dalam upaya pengembangan destinasi wisata di OKU Selatan. Termasuk pengelolaan wisata di sekitaran Kota Muaradua dan kecamatan lainnya. Namun ini membutuhkan dukungan semua pihak. Termasuk dalam hal ini pemerintah desa dengan dukungan anggaran dana desa untuk membangun objek-objek wisata di desanya.

Mengenai akses ke Curup Datar, Darmawan menjelaskan sudah melakukan berbagai upaya. Salah satunya menggandeng Anggota DPRD Prorvinsi Sumsel memaksimalkan dana aspirasi untuk pembangunan lanjutan jalan Desa Pendagan sebagai akses wisata ke Curup.

“Terbaru sudah ada respon dari Anggota DPRD Provinsi  Sumsel dari OKU Selatan untuk mewujudkan keinginan masyarakat. Namun perlu kita susul dengan proposal usulan. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” harapnya. (tian)