Kadisdik: Kepsek Harus Jadi Penggerak di Sekolah

Rapat pembinaan yang dilakukan Plt Kadisdik Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM terhadap Kepsek SMA/SMK Negeri se-Sumsel, Kamis (07/11/2019). Foto Ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kepsek sebagai motor penggerak. Meningkatnya kinerja guru adalah hasil kinerja kepala sekolahnya. Maka kepala sekolah selalu dituntut memiliki visi, misi, wawasan yang luas serta profesional yang memadai dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaraan pendidikan.

Selain itu kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan dalam membangun kerjasama yang harmonis. Dengan berbagai pihak yang terkait dengan program pendidikan di sekolah.

Bertempat di SMA Negeri 1 Palembang, kegiatan Rapat Pembinaan Untuk Kemajuan Individu Sekolah Dan Kelembagaan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dihadiri Staff Khusus Bidang Pendidikan. Kepala bidang SMA, SMK, Kasih Kurikulum, dan kepala sekolah SMA/SMK Negeri se-Sumsel.

Plt Kadisdik Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM mengatakan, kepala sekolah baik SMA maupun SMK memiliki peran yang sangat strategis, karena kepala sekolah adalah seorang manajer dalam mengelola sekolahnya.

“Untuk itu seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi sosial yang tinggi. Sehingga mampu menjadi penggerak kemajuan sekolah,” tuturnya.

Didalam internal, Riza mennyampaikan, memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan pendidikan di Sumsel.  “Ada empat pesan yang saya ingin sampaikan kepada semua peserta Sharing Pembinaan yaitu, selalu fokuslah berpikiran baik, fokuslah berkomunikasi atau berkata baik, fokuslah berbuat baik, fokuslah berhati baik,” jelasnya.

Selain itu, dia juga menyarankan, untuk kepala sekolah harus mampu membina hubungan, baik secara vertical yakni Dinas Pendidikan maupun secara horizontal yaitu rekan kerja, guru, tenaga kependidikan serta wali murid. (nov)