Pelayanan Publik Muba Dinobatkan Sangat Baik

Bupati Muba Dodi Reza menerima Hasil Evaluasi dan Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Wilayah I Tahun 2019, untuk Kabupaten Muba, Kamis (07/11/2019). Foto: Humas Pemkab Muba

BATAM, PALPOS.ID – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi pelayanan publik wilayah I di Hotel Aston Batam, Kamis (07/11/2019).

Khusus Kabupaten Muba beberapa OPD mendapatkan penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik, diantaranya DPMPTSP, RSUD Sekayu, dan Disdukcapil. Dua diantaranya yakni DPMPTSP dan RSUD Sekayu naik peringkat menjadi A (Sangat Baik), dan Disdukcapil Muba B (Baik).

Dalam kesempatan Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Wilayah I Tahun 2019, untuk Kabupaten Muba diterima secara langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza. Pada kesempatan itu, Bupati Muba Dodi Reza mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus terus ditingkatkan terlebih terhadap pelayanan publik di lingkungan Pemkab Muba.

“Kita bangga tiap tahun pelayanan publik di Muba ini terus meningkat, namun kita tidak ingin cepat puas. Apalagi memaksimalkan pelayanan publik itu sudah menjadi kewajiban dan keharusan untuk meningkatkan, mengedepankan dan memudahkan pelayanan dan akses masyarakat khususnya di Kabupaten Muba,” tegas Dodi.

Sementara itu, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menerangkan, instrumen yang digunakan untuk evaluasi mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Dalam peraturan itu, ada enam aspek yang dinilai, yakni profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Dari hasil evaluasi tersebut, Tjahjo memberikan beberapa hal yang perlu dicatat. Diantaranya adalah pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan khususnya penyusunan standar pelayanan. Kemudian, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan. “Unit juga harus melaksanaan survei kepuasan masyarakat dan menindaklanjuti survei,” ulasnya. (rom)