Pemkab OKU Selatan Bina Industri Gula Merah

Kunjungan Tim pembinaan industri gula merah dari Pemkab OKUS mendatangi pelaku industri gula merah di Bedeng Gula Kecamatan Simpang Sender Utara Kecamatan BPR Ranau Tengah, Kamis (07/11/2019). Foto kriss/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Upaya pembinaan terhadap para pelaku industri di Kabupaten OKU Selatan terus digalakkan. Belum lama ini Pemkab melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan melakukan pembinaan terhadap pelaku industri gula merah untuk memperkuat jaringan klaster industri.

Kepala Dinas Drs H Elyuzar MM Kabid Perindustrian Willy Agus ST MM beserta jajaran Kasi dan staf turun langsung memberi pembinaan. Dengan turun langsung mendatangi para pelaku industri gula merah. Menurutnya kegiatan pembinaan industri gula merah ini telah dilaksanakan pada Dinas KUKMPP kabupaten menggunakan sumber dana APBD kabupaten tahun 2019.

Dilaksanakannya kegiatan pembinaan ini tetangnya bertujuan meningkatkan industri pengolahan gula merah. Baik dari pengelolaan secara tradisional ataupun pengelolaan secara modern. Sehingga menjadi produk unggulan dan khas dari suatu daerah.

“Selain itu untuk merespon pertumbuhan produksi gula merah serta aktif dalam peningkatan daya saing industri gula merah baik dari cara penyajian suatu desa masing-masing. Sampai ke pemasaran yang tepat untuk mutu suatu produk,” terangnya, Kamis (07/11/2019).

Dengan digelarnya kegiatan pembinaan ini, ujarnya diharapkan dapat memberi manfaat bagi pertukaran informasi bagi pelaku industri gula merah. Berupa cara peningkatan kewirausahaan dan teknis pengolahan kopi sehingga cita rasa gula merah menjadi lebih baik dan minat konsumen menjadi meningkat khususnya di wilayah Kabupaten OKUS. (tian)