Bunga Bangkai Mekar di Kabupaten Lahat

Seorang bocah berpose bersama bunga bangkai yang mekar beberapa meter dari rumah warga di Kota Lahat, Minggu (10/11/2019). Foto: arif/Palpos.ID

LAHAT, PALPOS.ID – Warga RT 08/02 Kelurahan Sari Bungamas Kecamatan Kota Lahat dan sakitarnya, berbondong-bondong menuju samping rumah Tukinem (50). Warga penasaran ada bunga berukuran tidak biasa mekar dekat rumah Tukinem.

Apalagi bunga berukuran cukup besar dan baru pertama kali dilihat warga itu mengeluarkan aroma tidak sedap. Usut punya usut, bunga dengan kelopak keunguan itu merupakan bunga bangkai.

Bunga tersebut pertama kali dilihat Adi Budiarti (29), anak dari Tukinem. “Tahu kalau itu bunga bangkai, dari warga yang datang melihat ke sini. Ini juga pertama kali melihat bunga bangkai,” ujar Ari ditemui wartawan, Minggu (10/11/2019).

Saat hari pertama melihat, Kamis (07/11/2019), ukuran bunga bernama latin amorphophallus titanum ini belum terlalu besar. Esok harinya (Jumat) pertumbuhan bunga begitu cepat. Informasi ada bunga berukuran besar ini pun langsung menyebar. “Karena belum pernah lihat, kami tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Ini juga kami biarkan saja,” ujarnya. (ari)