Target Nasdem Menang Pemilu 2024

Kongres II Partai Nasdem kembali menetapkan Surya Paloh sebagai Ketua Umum DPP periode 2019-2024 di JEXPO, Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11). Foto: Dok. DPP NasDem

JAKARTA, PALPOS.ID  – Partai NasDem secara aklamasi kembali memberikan mandat jabatan ketua umum kepada Surya Paloh. Keputusan itu diambil melalui Kongres II NasDem yang berlangsung sejak 8-11 November 2019, di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11). Selain itu, NasDem juga punya target menjadi partai pemenang Pemilu 2024 mendatang.

Usai menerima mandat, Paloh langsung melantik dirinya sendiri dan mengumumkan struktur kepengurusan DPP NasDem periode 2019-2024. “Saya melantik diri saya sendiri beserta semua pengurus DPP. Atas nama Kongres ke-II Partai NasDem, kami menyatakan menerima amanah untuk menjadi pengurus pusat Partai NasDem. Yang menarik, baru kali ini NasDem memiliki wakil ketua umum. Ini setelah menyerap aspirasi dari anggota,” kata Paloh di JEXPO, Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11).

Politisi Partai NasDem, Willy Aditya mengatakan keputusan itu diambil setelah menyerap aspirasi dari 34 DPW. Selain itu, Majelis Tinggi NasDem juga sudah menyetujuinya. “Ditetapkan oleh kongres, keputusan Majelis Tinggi untuk menetapkan kembali Surya Paloh secara bulat untuk memimpin partai NasDem periode 2019-2024,” jelas Willy.

Hal senada disampaikan Sekjen DPP Partai NasDem, Jhonny G Plate. Dia mengatakan 34 DPW Partai NasDem mengusulkan satu nama calon Ketua Umum. Yaitu Surya Paloh. Dia nilai berhasil meningkatkan perolehan suara di Pemilu 2019. “Sebanyak 34 DPW NasDem se-Indonesia hanya mengusulkan satu calon. Ini berdasarkan hasil semua pertimbangan kinerja. DPW menilai ini sangat berhasil,” terang Jhonny.

Pendapat 34 DPW di Indonesia itu disampaikan langsung melalui keputusan rapat kerja wilayah masing-masing. Jhonny menyebut selain berhasil meningkatkan perolehan kursi di parlemen, Paloh juga dinilai sukses mengantarkan kader partai menang dalam tiga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Pileg dan Pilpres pertama kali Nasdem hadir dalam perpolitikan nasional tahun 2014 bisa ikut mengusung dan memenangkan pasangan Jokowi-JK. Kemudian pada Pemilu 2019 juga memenangkan Jokowi-Ma’ruf dan perolehan kursi legislatif di tingkat daerah maupun nasional,” paparnya. Capaian kursi legislatif di tiap tingkatan tersebut menempatkan banyak kader NasDem sebagai pimpinan. Baik di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani mengatakan para kader masih membutuhkan sosok Surya Paloh sebagai Ketum Partai NasDem. Menurutnya, nama Paloh muncul dalam pandangan umum 34 DPW. Selanjutnya, hal itu disampaikan pada Majelis Tinggi untuk diserahkan kepada Komisi Rekomendasi.

Usai menetapkan Ketum, NasDem punya target besar. Ketua Bidang Komunikasi dan Komunikasi Publik Partai NasDem, Charles Meikyansah menegaskan partainya punya target menjadi pemenang Pemilu 2024 mendatang. “Untuk Pemilu 2024, NasDem targetnya tidak lagi tiga besar. Namun, Insya Allah dengan Partai NasDem di posisi nomor satu sebagai pemenang pemilu. Karena itu, dalam satu tahun terakhir ini, akan ada pengurusan sampai tingkat desa. Minimal lebih dari satu orang,” kata Charles di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Ketua Bidang Pemilu Wilayah Jateng-Yogyakarta Sugeng Suparwoto menambahkan NasDem memang ingin menang pemilu legislatif dan Pilpres 2024. “Bagaimana untuk target-target selanjutnya adalah tahun 2024. Targetnya menang pemilu legislatif dan tentu menang pemilu eksekutif, dalam hal ini presiden dan wakil presiden. Untuk itu, diperlukan sejumlah media untuk terus-menerus bergerak dan bekerja secara sistematis,” tegas Sugeng.

Untuk Pilkada 2020, NasDem juga menargetkan menang di sejumlah daerah. Menurut dia, partainya akan menyiapkan sejumlah kader hebat yang dipersiapkan memimpin daerah. “Kita telah memiliki pengalaman. Sehingga ini menjadi pembelajaran bagi NasDem untuk bagaimana bisa secara dominan,” pungkasnya.(rh/fin)