Gardu PLN Meledak, Warga OKU Sepekan Tanpa Listrik

Suasana di gardu induk PLN Baturaja pasca terjadi ledakan, Rabu (13/11/2019). Foto: eko/Palpos.ID

BATURAJA, PALPOS.ID – Warga Baturaja Kabupaten OKU, khususnya yang tinggal di sekitar Jembatan Layang Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur, Rabu (13/11/2019) sore, mendadak heboh. Pasalnya, gardu induk milik PLN rayon Baturaja yang ada di wilayah itu tiba-tiba meledak.

Tak ayal warga pun langsung berhamburan keluar rumah, apalagi suara ledakannya sangat keras seperti suara pesawat terbang jatuh. “Kuat nian suaronyo pecak bunyi pesawat nyampak. Kami sekeluarga langsung kaget,” kata Carlos, warga setempat saat dibincangi di lokasi kejadian, Rabu (13/11/2019).

Carlos mengaku, gardu induk itu meledak sekitar pukul 15.30 WIB. “Saat kejadian Kota Baturaja sedang diguyur hujan cukup deras disertai angin kencang,” kata Carlos. Setelah terdengar bunyi ledakan, lanjut Carlos, tiba-tiba keluar api yang cukup besar di gardu induk tersebut. Kondisi ini tentu saja membuat warga di sekitar lokasi kejadian menjadi ketakutan.

Untung saja, kata dia, petugas PLN setempat cepat bertindak dengan langsung memadamkan seluruh aliran listrik di Baturaja, sehingga kerusakan yang diakibatkan oleh ledakan tersebut tidak semakin membesar.

Sementara itu menurut petugas PLN yang minta namanya dirahasiakan akibat musibah ini diperkirakan listrik di Kabupaten OKU khususnya di Baturaja akan dipadamkan selama sepakan.

“Kalau mujur cuma 3 hari. Tapi alatnyo banyak dari luar kota. Jadi kemungkinan kito padam selamo sepekan,” katanya. Si petugas menjelaskan, ledakan di gardu induk itu sendiri disebabkan oleh adanya kabel yang beradu akibat terkena angin kencang sewaktu hujan sore tadi (kemarin).

Terpisah Manager PLN rayon Baturaja, Rasyid saat dihubungi via ponselnya mengakui adanya musibah itu. Namun sayang ia belum mau memberikan penjelasan secara rinci. “Maaf mas nanti dulu wawancaranya. Saya lagi sibuk di lokasi ledakan ini,” katanya singkat. (eco)