Pemkot Prabumulih Terjunkan Tim Pemeriksa Inspektorat

Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH. Foto: ist/net

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Jelang berakhirnya tahun anggaran 2019, Pemkot Prabumulih menerjunkan tim pemeriksa dari Inspektorat. Langkah itu dilakukan, guna memastikan seluruh proyek fisik alias pembangunan infrastruktur dikerjakan sesuai rencana kerja anggaran (RKA).

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH, Rabu (13/11/2019). Dikatakannya, tim pemeriksa dari inspektorat tersebut akan melakukan pengecekan langsung kelapangan dengan membawa alat ukur, peralatan pengambilan sampel beton (core drilling machine) dan peralatan lainnya.

“Nantinya sample coran tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diuji mutu dan kualitasnya,” ujar Fikri. Dijelaskannya pula, hasil pemeriksaan yang dilakukan inspektorat tersebut nantinya akan dibandingkan dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK.

“Kalau hasilnya beda jauh dengan BPK tentu akan menjadi tanda tanya bagi kita, ada apa dengan inspektorat. Karena itu inspektorat harus melakukan pemeiksaan secara benar, kalau menurut inspektorat selesai 100 persen sesuai volume sementara menurut hasil pemeriksaan BPK masih jauh dibawah itu, itu berarti inspektorat ada apa-apanya,” ucapnya.

Lebih lanjut mantan Ketua DPRD Kota Prabumulih ini menuturkan, hasil pemeriksaan dari inspektorat tersebut juga akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam melakukan pembayaran kepada pihak kontraktor pelaksana pembangunan. “Makanya kita minta inspektorat bekerja sebaik mungkin dan cermat,” tuturnya.

Masih kata suami Hj Reni Indayani SKM ini, pihaknya telah mengingatkan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar menuntaskan penagihan atau pengusulan pencairan anggaran per tanggal 15 Desember mendatang. “Selesai tidak selesai kita hitung sesuai realisasinya sesuai volume pekerjaannya itu yang kita bayarkan,” pungkasnya. (wan)