Wakaf dan Zakat Mampu Sejahterakan Masyarakat Muba

Bupati Muba Dodi Reza menjadi pembicara kehormatan di ajang Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (13/11/2019). foto: humas pemkab muba

JAKARTA, PALPOS.ID – Meski tidak mengandalkan APBD, upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba  dengan berbagai program terobosan terus digencarkan. Utamanya berkaitan dengan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat.

Pernyataan tersebut dikemukakan Bupati Muba H Dodi Reza Alex saat menjadi pembicara pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (13/11/2019). ISEF ini merupakan kegiatan Bank Indonesia bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Dodi Reza yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sumsel ini memaparkan upaya Pemkab Muba yang telah menjalankan dan mendukung program wakaf produktif.

“Di Muba juga telah diterbitkan Peraturan Daerah Zakat dan telah ditetapkan sejak Maret 2019 yang lalu. Alhamdulillah hasilnya sangat berkontribusi baik untuk peningkatan kesejahteraan warga dan petani Muba,” ujar Ketua KADIN Sumsel ini.

Dikatakannya, tensi zakat dan wakaf untuk pendanaan pembangunan di Muba yakni di antaranya berasal dari zakat 7.398 ASN. Di mana, setiap ASN diwajibkan zakat 2,5% dari penghasilan bersih yang diperkirakan berhasil mengumpulkan Rp700 juta/bulan. Bahkan potensi sampai Rp 2 miliar bila ditambah Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Kemudian, wakaf tunai PNS dan masyarakat, tercatat 7.398 PNS, 127 ribu KK penduduk, potensi wakaf tunai (asumsi Rp100.000 orang/bulan) yakni Rp 13,5 miliar.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, ekonomi syariah sudah menjadi arus baru di ekonomi nasional. “Kita lihat komitmen besar dari pucuk kepemimpinan. Sudah digariskan bahwa ekonomi syariah akan dan memang sudah jadi arus baru pengembangan ekonomi,” kata dia dalam pembukaan ISEF 2019.

Pada rangkaian ISEF ke-6 ini juga digelar talkshow dengan mengundang narasumber-narasumber kehormatan dan berkompeten. Selain Bupati Muba Dodi Reza,  turut hadir KH Wahfiudin Sakkam (Dompet Dhuafa), Irwan Abdullah (Bursa Efek Indonesia), dan Alyssa Soebandono (artis/penggiat ekonomi syariah). (rom)