Manfaatkan Smartphone Untuk Jurnalistik dan Kuliah

Universitas Terbuka (UT) ajak peserta seminar manfaatkan smartphone untuk jurnalistik dan kuliah, di gedung serbaguna SMKN 5 Palembang, Kamis (14/11/2019). Foto Ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Universitas Terbuka (UT) Palembang menginisiasi gerakan pintar menggunakan smartphone. Seperti diketahui, Smartphone kini bukan hanya bisa digunakan untuk kegiatan reportase ringkas seperti Mobile Journalism, tapi juga bisa untuk kuliah online melalui e_learning seperti yang sebelumnya sudah pernah digelar oleh Universitas Terbuka.

Direktur UT Palembang, Dr Meita Istianda SIP MSi  mengatakan, smartphone saat ini bagaikan 2 mata pisau. Jika benar penggunaannya akan mendatangkan manfaat yang besar bagi berbagai bidang, namun jika salah maka akan membawa dampak merugikan yang tidak sedikit pula.

Untuk itu, harus paham mengenai peluang dan ancaman yang didapatkan dari penggunaan smartphone. Supaya kedepannya generasi Z saat ini bukan hanya bisa menggunakan smartphone tersebut untuk kebutuhan sehari-hari saja, tapi juga mampu memberikan sumbangsih untuk negeri. Bertema Creative Content Writing for Young Journalist, kegiatan yang merupakan gagasan Universitas Terbuka ini mengambil tempat di SMKN 5 Palembang,  karena di SMKN 5 sendiri memiliki jurusan di bidang broadcasting dan jurnalistik.

“Bila dilihat lebih jauh lagi, perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah membuat hal-hal yang dulunya terbatas seperti tiada batas.  Sebagai contoh, apabila dahulu tulisan-tulisan atau liputan berita hanya bisa diproduksi oleh mereka yang berprofesi sebagai jurnalis dengan serangkaian prosedur dan etika jurnalistik yang ketat, tetapi sekarang hal tersebut seperti tiada batas,” ujarnya,  Kamis (14/11/2019).

Meita melanjutkan siapa pun memiliki kesempatan yang sama untuk memproduksi tulisan dan menayangkannya sendiri. “Saat ini kita sering mendengar istilah blogger, youtuber, vlogger, dan seterusnya. Tidak dapat dipungkiri dunia sosial media merupakan ajang yang dituju bagi generasi muda untuk menampilkan eksistensinya. Jadi, hal ini harus kita dukung,” tambahnya. (nov)