Kontrak Lelang Sungai Alami Penurunan Harga Tawar

Membayar pelelangan sungai yang digelar di Kecamatan Betung Banyuasin, Senin (18/11/2019). Foto: jauhari/hb/fin

BANYUASIN, PALPOS.ID – Memasuki akhir tahun 2019 ternyata tidak hanya berakhirnya masa kemarau namun juga berakhirnya kontrak lelang sungai alam yang berada di wilayah Kecamatan Betung seperti Kelurahan Rimba Asam dan Desa Lubuk Karet. Lelang yang dinamai lebak lebong ini menyasar ke beberapa titik anak sungai yang berada di hulu dan hilir menghitari Kecamatan Betung.

Camat Betung Muhammad Sobir SSos dalam keteranganya mengatakan lelang lebak lebung periode 2019-2020 Kecamatan Betung dilakukan atas dasar Perda nomor 23 tahun 2012 tentang lelang lebak lebung. Setidaknya ada dua tempat yang dilakukan pelelangan lebak lebong yakni Kelurahan Rimba Asam dan Desa Lubuk Karet.

“Tahun ini yang mempunyai objek lelang di Lubuk Karet, sungai awangan udang, palasan daun nipa, sungai jering dan sungai biting termasuk sungai pancur. Sementara untuk Kelurahan Rimba Asam, sungai cengal serta sungai bungo,” terang Camat, Senin (18/11/2019).

Proses pengambilan lelang sungai dilakukan hari ini dan disaksikan oleh pemerintah desa dan kelurahan diikuti Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin. Pihaknya memfasilitasi bagi seluruh peminat lelang (Pengemin) untuk bertawar tinggi untuk diputuskan siapa pemenang lelang.

Pihaknya mengaku jika proses dan nilai jual pelelangan di periode 2019-2020 ini alami penurunan harga yang cukup signifikan, penurunan ini tentu didasari oleh berbagai faktor mulai dari sepinya populasi ikan di sungai, kualitas sungai yang kian menyempit hingga daya beli masyarakat yang kurang terhadap ikan.

“Cukup menurun hasil pelelangan yang dilakukan hari ini, seperti hasil pelelangan sungai cengal yang di tahun sebelumnya tembus di angka Rp 50juta sementara di lelang tadi dilepas dengan harga Rp 10 juta ke Pengemin, tentu ini menurun dari tahun sebelumnya. Namun, semua hasil dan keputusan diserahkan sepenuhnya ke Desa dan Kelurahan,” papar dia.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin melalui Kabid Perikanan, Tunjang Sudiono SP, menyebutkan pihaknya hadir ke proses pelelangan untuk memastikan tahap demi tahap yang berlangsung berjalan lancar. (jau/hb/fin)