Bawaslu Siapkan Penyelenggaraan Pilkada Berkualitas

Anggota Bawaslu Sumsel saat memimpin Rakernis Pilkada Serentak, Rabu (20/11/2019). Foto ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Untuk mewujudkan Pilkada berkualitas 2020 di Sumsel, Bawaslu Sumsel melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Rakernis itu mengundang seluruh ketua dan anggota Bawaslu tujuh kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada, yaitu kabupaten Ogan Ilir, Pali, OKU, OKUS, OKUT, Mura dan Muratara. Kegiatan digelar di Hotel Santika Palembang, Rabu (20/11/2019).

Kasubag Hukum Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Karlisun SP MM selaku ketua Pelaksana acara menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pilkada berkualitas. Sehingga peserta rakernis memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam mempersiapkan pengawasan, penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Rakernis dibuka Ketua Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto ST MM. Dalam arahan Iin Irwanto mengatakan, Ketua dan Anggota Bawaslu kabupaten harus siap dan mampu mengawasi Pilkada 2020. Untuk mewujudkan Pilkada berkualitas, harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi.

Dalam rakernis ini mengundang para narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Bapak Drs H Joko Siswanto MSi, ibu Hj Marlina Widiyanti SE SH MM PhD, Dr Muhammad Adil MA, H Maramis MHum dan Syafitri Irwan SAg MPdI, serta Dr Amir Syarifuddin MHum.

Pada sesi siang harinya, Anggota Bawaslu Sumsel Junaidi SE MSi menyampaikan, keterlibatan rakyat dalam penentuan wakil rakyat merupakan buah dari reformasi. ‘’Pada setiap pilkada ada perubahan peraturan disetiap periode. Keterlibatan masyarakat dengan tingkat partisipasi tinggi adalah wujud dari pilkada yang berkualitas,” tambah Junaidi. (opa)