Muba Dinobatkan Jadi Kabupaten Sehat 2019

Dodi Reza menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten Sehat Tahun 2019, di Gedung Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019). Foto: humas pemkab muba

JAKARTA, PALPOS.ID – Kabupaten Muba tidak hanya berhasil menciptakan kondisi daerah yang aman dan zero konflik, tetapi juga menjadi daerah yang berhasil menerapkan pola hidup bersih dan sehat kepada warganya. Hal-hal semacam itu terus digencarkan Pemkab Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza dan Wakil Bupati Beni Hernedi.

Alhasil, di tahun 2019 dan bertepatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, Kabupaten Muba dinobatkan dua Kementerian sekaligus yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai Kabupaten Sehat Tahun 2019 dan pantas mendapatkan penghargaan Swasti Saba.

Pemberian penghargaan diserahkan langsung Mendagri Tito Karnavian kepada Bupati Muba Dodi Reza, Selasa (19/11/2019). “Ada beberapa hal yang telah kita penuhi untuk menciptakan daerah yang bersih dan sehat, diantaranya tatanan kawasan dan pemukiman, sarana dan prasarana publik yang sehat, dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat yang mandiri,” ungkap Bupati Muba Dodi Reza usai menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten Sehat Tahun 2019, di Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kemendagri Jakarta Pusat.

Dikatakan Dodi, capaian Kabupaten Muba sebagai Kabupaten Sehat Tahun 2019 ini tidak terlepas dari sinergi antar OPD dan dukungan berbagai pihak yang sangat komitmen menjalankan pola hidup bersih dan sehat di Kabupaten Muba.

“Saya juga bersama istri Thia Yufada setiap kunjungan ke daerah pelosok di Muba, tak henti-hentinya mengkampanyekan pola hidup sehat ke warga. Alhamdulillah bisa diikuti warga dengan baik hingga saat ini,” tuturnya.

Sementara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berharap agar momentum pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.

Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya. (rom)