Penataan Bom Berlian, 13 KK Belum Direlokasi

Kawasan bom Berlian Kelurahan Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin yang akan dilakukan penataan di sepanjang bantaran Sungai Bom Berlian, Kamis (21/11/2019). Foto: ron/hb/fin

BANYUASIN, PALPOS.ID – Sebanyak 13 Kepala Keluarga (KK) masih tinggal di bantaranSungai Bom Berlian Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III. Ke-13 KK ini belum direlokasi lantaran tidak mendapat bantuan rumah dari pemerintah.

“Masih 13 KK lagi masyarakat yang belum direlokasi dari sungai Bom Berlian. Sebab yang mendapat bantuan rumah di Bintang Campak Kelurahan Seterio tahun lalu hanya 50 KK, sedangkan yang diajukan 63 KK,” ujar Asri, Kasi Penyediaan Pembiayaan Dinas Perkimtan Banyuasin, Kamis (21/11/2019).

Kata dia, pihaknya masih mencarikan solusi ke 13 KK yang belum direlokasi tersebut. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan sehingga potensi banjir diwilayah tersebut masih sangat besar.  “Ya, masih kita carikan solusinya bantuan rumah untuk 13 KK tersebut,” kata dia.

Dikatakan Asri, 50 KK warga yang tinggal di bantaran Sungai Bom Berlian yang mendapat bantuan rumah di Dusun Bintang Campak Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III sudah menghuni rumah tersebut. “Sudah dihuni kendati fasilitas seperti listrik belum ada, namun masyarakat sudah menempati rumah itu,” kata dia.

Selain itu, fasilitas yang masih dikeluhkan masyarakat sana yakni sarana jalan yang masih rusak. Apalagi musim hujan seperti ini jalan disana bagaikan bubur jika dilintasi. “Jalan masih rusak dan menjadi perhatian pemerintah untuk memperbaikinya juga,” ujar dia.

Sementara itu, Camat Banyuasin III Dra Yuni Khairani MSi berharap kepada masyarakat yang sudah mendapat rumah segera ditempati. Bagi yang belum agar waspada dengan potensi banjir di wilayah Bom Berlian tersebut.

“Kami akan terus berusaha mengusulkan kepada pemerintah pusat agar sungai itu segera dilakukan normalisasi, sebab hujan satu jam saja bisa menyebabkan banjir besar di wilayah Kota Pangkalan Balai,” ujar dia. (ron/hb/fin)