Soal Ujian Tidak Lagi Dibuat Oleh Sekolah

Ahmad Zulinto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang. Foto: ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dinas Pendidikan Kota Palembang membuat kebijakan bahwa mulai ujian semester ganjil bulan depan, soal ujian tidak lagi dibuat oleh pihak sekolah. Soal ujian sendiri akan dibuatkan oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, kebijakan ini berlaku bagi semua sekolah baik jenjang SD maupun SMP di Kota Palembang baik negeri maupun swasta. “Untuk ujian semester kali ini, dan seterusnya, baik ganjil maupun genap, soalnya kita yang subsidi. Sebagai langkah untuk mengurangi beban anggaran sekolah, bukan hanya soal semesteran tapi juga USBN,” ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Zulinto menambahkan, bahwa kebijakan ini diambil juga atas arahan Walikota dan Wakil Walikota Palembang, agar soal dikoordinir oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang dan diusulkan dari APBD. “Dinas Pendidikan Kota Palembang telah menunjuk tim ahli pembuat soal untuk ujian semester genap, nanti soal akan didistribusikan ke semua sekolah,” tambahnya.

Zulinto juga mewanti-wanti agar semua guru yang terlibat dalam pembuatan soal tersebut jangan sampai adanya kebocoran soal. “Jadi untuk apa nilai tinggi kalau dari kecurangan. Itulah selalu yang disampaikan Pak Wali bahwa beliau tak menuntut agar juara 1 tapi menuntut integritasnya,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Palembang Bahrin SPd MM mengatakan, soal sudah siap dan selesai dicetak serta menunggu jadwal pendistribusian ke sekolah. “Jadi untuk kelas 4-6 SD dibuat Dinas Pendidikan jelang pelaksanaan Ujian Semester Ganjil tanggal 2-7 Desember nanti sekolah yang akan mengambil soal ke Dinas Pendidikan. Sedangkan untuk kelas 1-3 SD dibuat oleh sekolah,” terang Bahrin.

Berkenaan dengan itu, Kepala Bidang SD Disdik Kota Palembang, Bahri mengatakan, untuk tahun ini pembuatan soal dan penggandaan soal semuanya dihandle oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang. “Soal yang dibuat dan digandakan oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang untuk tingkat SD dimulai dari kelas IV, V dan VI. Sedangkan untuk kelas I,II dan III dibuat oleh sekolah masing-masing,” katanya. (nov)