Perpustakaan Digital Jadi Solusi Siswa di Sekolah

Perpustakaan Digital yang ada di SMPN 9 Palembang. Foto Ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Perpustakaan di sekolah kini bukan lagi menjadi tempat yang menarik bagi sebagian murid di sekolah. Bahkan buku bacaan anak sekolah pun sudah bertransformasi menjadi bentuk elektronik. Untuk itu SMPN 9 Kota Palembang menerapkan perpustakaan digital.

Kepala SMPN 9 Palembang Hj Hastia mengatakan, di era literasi ini siswa mampu menjadi lulusan yang memiliki wawasan luas, dan ini sangat penting untuk menumbuh kembangkan minat baca bagi siswa-siswinya.

“Karena mutu sebuah sekolah bisa tergambarkan melalui keberadaan perpustakaan, para pengelola perpustakaan sekolah, termasuk para guru mendayagunakan bahan pustaka kepada peserta didik dalam bentuk elektronik. Maka system Digital kami terapkan,” tuturnya, Sabtu (23/11/2019).

Dia menyadari, sejauh ini ancaman penggunaan gawai (gadget) yang berlebihan membuat penurunan minat baca bagi siswa. “Perpustakaan Digital yang mulai beroprasi sejak bulan Oktober 2019 yang lalu, dapat melengkapi perpustakaan konvensional yang sudah ada. Di era sekarang ini, kami perlu terobosan atau inovasi guna menarik minat baca anak-anak yang muaranya menambah wawasan dan kecerdasan,” ujarnya.

Hastia berharap, dari adanya perpustakaan digital ini murid lebih termotivasi lagi membaca. “Jika selama ini mereka menggunakan gadget untuk bermain, mudah-mudahan inovasi ini mampu membuat peningkatan cinta baca siswa, dengan perpustakaan digital ini,” tuturnya.

Dia mengatakan, pihaknya bersama tim IT telah menyediakan lebih dari 4.000 judul buku yang bisa dilihat siswa melalui smartphone dengan login akun nya masing-masing. “Sehingga kapan pun dan dimana pun bisa mengakeses pinjam dari katalog yang telah disediakan,” tambahnya.

Salah seorang siswi SMPN 9 Palembang, Silvia Natalia mengatakan, sejak adanya perpustakaan digital ini dirinya dengan muda untuk mencari buku-buku yang dibutuhkan. “Ini bisa menambah wawasan kami menambah pengetahuan. Di perpustakaan digital ini kita juga bisa dengan mudah mencari buku-buku yang kita inginkan,” ungkapnya. (nov)