Pos Jaga Taman Kota Betung Terbengkalai

Pos jaga taman Kota Betung yang terletak di simpang tiga tugu Polwan, Senin (25/11/2019). Foto: jau/hb/fin

BANYUASIN, PALPOS.ID – Sangat disayangkan, bangunan pos jaga Satpol PP di Taman Kota Betung Kabupaten Banyuasin dibiarkan terbengkalai. Bahkan bangunan berdinding beton tersebut sebagian sudah rusak berat, pada bagian kaca juga lantai sehingga tampak tidak terawat.

Sejak dibangun beberapa tahun lalu pos jaga Pol PP di Taman Kota Betung tersebut sebelumnya pernah aktif dan dijaga, namun setelah beberapa bulan terakhir tidak terlihat petugas jaga yang standby di lokasi tersebut hingga tak terlihat aktivitas.

“Katanya ini pos jaga Pol PP, tapi sejak beberapa bulan terakhir, pos tidak difungsikan, ini sudah habiskan anggaran tapi masih dibiarkan terbengkalai,” cetus Ahmad warga Kecamatan Betung.

Disebutkannya, pembangunan pos jaga Satpol PP tersebut, informasinya sebagai pos jaga taman kota serta sebagai pemberi rasa aman bagi warga dan masyarakat yang berkunjung ke pusat jantung Kota Betung. “Kalau tidak difungsikan kenapa dibangun, buang-buang anggaran saja. Seharusnya ada perencanaan matang dahulu agar kesannya tidak terbengkalai,” tutur dia, Senin (25/11/2019).

Dirinya berpendapat, kehadiran Satpol PP dalam penugasan yang ditempatkan di Taman Kota Betung tersebut akan sangat berdampak pada kelangsungan perawatan dan juga kebersihan taman kota. “Hadirnya Satpol PP bisa memberi rasa aman bagi pengunjung, kebersihan lingkungan juga bisa ditekan oleh petugas, karena mereka juga bisa mengarahkan pengunjung untuk turut menjaga kebersihan taman,” papar dia.

Sementara itu Camat Betung Muhammad Sobir menanggapi bahwa pos jaga Satpol PP tersebut sebelumnya diisi oleh petugas Pol PP dari Kecamatan Betung, namun karena ada permasalahan belum lama ini maka Satpol PP ditarik untuk memberikan suasana tenang. “Kedepan akan diturunkan kembali Satpol PP di Kecamatan Betung, mungkin akan kita koordinasikan dengan Trantib,” tutup dia. (jau/hb/fin)