Bawaslu OKU Selatan Mulai Buka Lowongan Panwascam

Para staf Bawaslu OKU Selatan siaga menerima pendaftaran para pelamar Panwascam, Rabu (27/11/2019). Foto: kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Bawaslu Kabupaten OKU Selatan mulai membuka penerimaan calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada Pilkada OKU Selatan tahun 2020 mendatang.

Dari pantauan dilokasi penerimaan, antusias masyarakat untuk mendaftar terlihat sangat tinggi. Tim Pokja pun membagi tempat pendaftaran sesuai dengan kecamatan masing-masing yang ada di OKU Selatan dan masing-masing  dilayani oleh satu orang staf sekretariat Bawaslu OKU Selatan.

Pada penerimaan kali ini, Bawaslu OKU Selatan membutuhkan sebanyak 57 orang calon petugas Panwascam yang akan bertugas di 19 kecamatan. Pendaftaran sendiri mulai dibuka pasa Rabu 27 November hingga 3 Desember 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Selatan Hery Afrizon SH, melalui Ahmad Basid SE selaku Ketua Pokja penerimaan Panwas Kecamatan mengatakan, sebelumnya pihak Bawaslu sudah terlebih dahulu memberikan pengumuman pendaftaran yang mulai dilakukan sejak 13-26 November 2019.

“Untuk masa pendaftaran dan penerimaan berkas juga sekaligus akan dilakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi yakni dimulai pada Hari ini Rabu 27- 4 Desembar 2019,” ujarnya.

Menurut Basid, Bawaslu OKU Selatan melakukan perpanjangan pengumuman waktu pendaftaran pada tanggal 5 Desember 2019. Penerimaan berkas pendaftaran di masa perpanjangan dilakukan pada 6-10 Desember, sekaligus dilakukan penelitian administrasi berkas pendaftaran di masa perpanjangan. “Pada tanggal 12 Desember 2019, akan dilakukan pengumuman hasil penelitian berkas administrasi,” katanya.

Dalam tahapan penerimaan calon petugas Panwascam Pilkada 2020, tanggapan dan masukan masyarakat juga dibutuhkan pada prosesnya yang dilaksanakan pada 12-15 Desember 2019. Dan calon petugas Panwascam yang sudah mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat, akan melakukan tes tertulis pada 13-17 Desember 2017. “Tak hanya cukup dengan tes tulis, calon petugas pengawas pemilu juga harus melakukan tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 13-17 Desember 2019,” ujarnya.

Adapun untuk hasil tes wawancara, sambungnya, akan diumumkan pada 18 Desember 2019. Setelah dinyatakan lulus, calon petugas Panwascam akan dilantik pada tanggal 20-21 Desember 2019. (tian)