Ujian Konsistensi Timnas Garuda Muda

Pemain Timnas U-22 melakukan latihan fisik untuk kebugaran sebelum menghadapi Singapura, Kamis (28/11/2019). foto : pssi.org/net

MANILA, PALPOS.ID – Kemenangan 2-0 atas Thailand merupakan modal berharga bagi Timnas U-23. Namun, jangan sampai eufhoria berlebihan. Dikarenakan perjalanan untuk merebut medali emas SEA Games Manila 2019 masih panjang.

Garuda Muda dituntut tetap fokus menghadapi laga kedua Grup B melawan Singapura di Stadion Rizal Memorial, Kamis (28/11/2019), pukul 19.00 WIB. Laga melawan Singapura yang akan disiarkan langsung RCTI dan TVRI ini merupakan ujian konsistensi Egy Maulana Vikri dkk.

Kemenangan menjadi harga mati, untuk memuluskan langkah menjuarai grup B. Di laga perdana, Egy yang merumput bersama klub Liga Polandia, Lechia Gdansk, seakan sudah menjawab semua ekspetasi publik.

Namun jangan cepat puas dulu, perlu sebuah konsistensi untuk kian membuktikan semuanya. Para pemain Timnas U-23, terutama Egy, harus bisa terus tampil cemerlang hingga meraih target yang diusung, yakni medali emas.

Melihat peta kekuatan lawan, Singapura punya  pemain seperti Egy yang merumput di Eropa. Penyerang andalan Singapura, Ikhsan Fandi, diketahui bermain untuk tim Liga Norwegia, Raufoss IL. Pengalaman Ikhsan yang mengecap sepak bola benua biru, jelas patut diwaspadai.

Bek Timnas U-23 perlu memberikan perhatian khusus agar Ikhsan tak bisa banyak bergerak.  Egy  sepertinya bakal menjadi tumpuan Skuat Garuda ketika jumpa Singapura. Pergerakan Egy dari sisi sayap diharapkan bisa menggedor jala gawang lawan lebih banyak lagi.

Perlu diingat, pengalaman sepak bola Eropa Ikhsan Fandi yang tergabung bersama klub Norwegia, Raufoss IL, bisa begitu menyulitkan pertahanan Skuat Garuda.

‘’Laga melawan Singapura nilainya sama dan bahkan lebih penting dibanding laga pertama melawan Thailand. Untuk mengamankan tiket ke semifinal, kita harus menjaga tren kemenangan. Karena itu, pemain harus cepat siap dan fokus ke pertandingan ini,” kata Indra Sjafri, dilansir dari situs PSSI.

Untuk itu, lanjut Indra, seluruh pemain Timnas U-23 terus digenjot latihan. Dikarenakan melawan Singapura pasti berbeda dengan Thailand. ‘’Kami selalu melakukan pendekatan taktik sesuai dengan lawan yang dihadapi,” ujar Indra lagi. (zen)