Gelar Jalan sehat dan Operasi Bibir Sumbing

Bupati OKUT HM Kholid MD melepas peserta jalan sehat peringatan HKN, Sabtu (30/11/2019). Foto ardi/Palpos.ID

MARTAPURA, PALPOS.ID – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur menggelar jalan sehat, yang diikuti ratusan peserta dari berbagai OPD, Rumah Sakit, Puskesmas, mahasiswa, pelajar serta masyarakat umum, Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa pejabat daerah ini langsung dilepas oleh Bupati OKU Timur (OKUT), HM Kholid MD di depan masjid agung Sabilul Muttaqin Martapura dan finis di halaman Pemkab OKUT. Berbagai hadiah serta door prize juga disiapkan oleh panitia, diantaranya ada sepeda, televisi LCD dan berbagai alat elektronik lainnya.

Bupati OKUT, HM Kholid MD melalui Sekretaris Daerah Kabupaten OKUT Jumadi SE mengatakan, melalui momentum HKN Ke-55 yang mengangkat tema Generasi Sehat, Indonesia Unggul ini, dirinya berharap generasi sehat yang diperjuangkan saat ini dapat menjadi SDM yang baik dan dapat mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju.

“Saya berharap semoga rangkaian kegiatan dalam memperingati HKN Ke-55 ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, H Zainal Abidin SSIT MM dalam sambutannya yang mengacu pada pertumbuhan generasi muda mengatakan, stunting yang sebelumnya pernah menjadi permasalahan bagi dinas kesehatan kabupaten OKUT, saat ini sudah mengalami penurunan. Hal tersebut merupakan pencapaian nyata bagi dinas kesehatan kabupaten OKUT sepanjang lima tahun terakhir ini.

“Melalui upaya-upaya yang sudah dilakukan baik medis maupun non-medis demi penurunan Stunting di OKUT, saat ini sudah bisa kita rasakan bahwa stunting di kabupaten sebiduk sehaluan ini penurunannya sudah sangat signifikan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan rangkaian HKN Ke-55 di Kabupaten OKUT ini tidak hanya jalan sehat, namun Dinas Kesehatan pula menggelar operasi bibir sumbing selama dua hari yang dimulai tanggal 29 hingga 30 November 2019 di RSUD OKUT. (ard)